Warga RT 02/RW 04 Dampyak Butuh Bantuan Mesin Pompa Air

KRAMAT, TEGAL, SBN –

Dalam acara temu warga RT 02/ RW 04, Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Ahad malam (12/5) terungkap masalah kesulitan warga mengenai kebutuhan mesin pompa air.

Ini diperlukan agar prosesi pemakaman tak terhambat, mengingat tanah makam jika digali penuh air.
Hal itu sangat beralasan terlebih di musim penghujan, mengingat tinggi permukaan tanah di makam cukup rendah. Akibatnya keadaan tersebut mengganggu prosesi pemakaman.

Demikian terungkap dalam rapat yang dipimpin Ketua RT 02/04 Riswantoro. Warga di sana sepakat adanya bantuan APBD Pemkab Tegal yang bisa mengcover kebutuhan warga tersebut.

“Problem seperti ini bukan hanya di daerah Kelurahan Dampyak, tapi hampir banyak wilayah pedesaan yang permukaannya rendah dan berpotensi banjir. Karena itu problem seperti ini layak dijadikan aspirasi yang harusnya diketahui anggota dewan di DPRD, “ katanya menambahkan, ini mengingat kebutuhan sosial dan kemanusiaan yang harus dipahami para wakil rakyat.

“Dan setidaknya tiap kelurahan punya mesin pompa air, syukur kaya di Kelurahan Dampyak tiap RW tersedia mesin pompa air untuk membantu warga yang sedang mengalami musibah. Jadi dalam acara musren bang mohon perhatian urusan sosial, jangan hanya masalah fisik,” ujar Rizal salah satu peserta rapat warga tersebut mengusulkan.

Diharapkan juga adanya perhatian bupati masalah sosial ini. Karena itu, Rizal juga mengusulkan supaya warga RT 02 dipimpin oleh Ketua RT melayangkan surat aspirasi ke Dewan agar ada perhatian.

Itu juga terkait gagasan Darsum peserta rapat untuk membentuk paguyuban warga peduli kemanusiaan yang disepakati untuk membantu warga yang mengalami musibah seperti keluarganya meninggal dunia. “Sehingga paguyuban nanti bisa membantu meringankan beban mereka melalui iuran,” ujarnya. (*)

Reporter: Samsudin Anhar/
Embong Sriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *