Serah Terima Jabatan RT 004/029 Kel. Bojong Rawalumbu ,Tradisi Mempertahankan Kearifan Lokal

Kota Bekasi, SBN –

Pasca pengukuhan para ketua RT dan RW 29 Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi, baru untuk periode 2019-2022 yang dilaksanakan pekan lalu, masyarakat menggelar tradisi yang dilaksanakan tiap tahun sekali, yakni serah terima jabatan pengurus RT 004 RW 29 yang digelar Sabtu (31/8) malam.

Layaknya pejabat pemerintahan, proses serah terima jabatan ini disaksikan segenap tokoh masyarakat setempat. Dalam kesempatan itu, Ketua RT 004 yang lama, Nedi Darmanto, menyerahkan jabatan secara simbolis kepada Ketua RT 004 yang baru, Joko Darmaji.

Suasana haru terlihat ketika proses penyerahan cinderamata dari kalangan warga kepada pengusur RT 004 yang lama. Begitu juga saat para pengurus RT yang lama diberi kedempatan menyampaikan curahan hati mereka selama menjalankan bakti mereka untuk melayani warga.

Saat menyampaikan sambutannya, Ketua RW 29 Bojong Rawalumbu Sugeng Triono berharap kepengurusan RT yang baru bisa melanjutkan program kerja positif yang sudah dilaksanakan pengurus yang lama.

“Mari kita dukung bersama agar seluruh program yang dijalankan pengurus baru biaa berjalan maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Karju Hasan Syafe’i berharap menjadi penyemangat bagi pengurus RT yang baru dalam mengelola lingkungan masyarakat.

“Masyarakat RT 004 tidak menginginkan sesuatu yang muluk-muluk, yang penting berikan masyarakat lingkungan yang aman dan nyaman,” katanya.

Usai kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Indra Saf menjelaskan kegiatan Sertijab dan pisah sambut pengurus RT 004 RW 29 ini sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan masyarakat tiga tahun sekali. “Setiap pergantian kepengurusan, masyarakat selalu melaksanakan kegiatan seperti ini, sekaligus menjadi ajang perkenalan para pengurus RT yang baru kepada kalangan masyarakat,” imbuhnya.

“Makanya masyarakat disini berharap tradisi ini jangan sampai terputus. Tetap terlaksana, sampai turun temurun berganti generasi,” papar Indra.

Selain ajang perkenalan pengurus RT yang baru, Indra menyebut momen ini bisa menjadi wadah silaturahmi antar kalangan warga disela kesibukan masing-masing yang mungkin sangat menyita waktu.

“Kita saling berkumpul sambil bersilaturahmi, sekalian biaa menyampaikan usulan atau aspirasi kepada pengurus RT yang baru,” ungkapnya. (ML)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *