‌Pemilihan Ketua RT Dengan Cara yang Unik Di Wilayah Jati Makmur

Bekasi, SBN-

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Minggu, 28 Oktober 2018, warga RT 05 / 09 kelurahan Jati Makmur , Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi mengadakan pemilihan Ketua RT 05 / 09 . Sebelumnya beberapa bulan yang lalu warga sudah mengadakan beberapa kali pertemuan , forum warga merencanakan pemilihan Ketua RT.

Setelah itu warga membentuk struktur panitia pelaksanaan pemilihan Ketua RT dan di ajukan ke pihak Kelurahan Jati Makmur Pondok Gede melalui Ketua RW 09 Bapak Endang. Setelah di terima dan disahkan oleh pihak kelurahan dan di berikan SK , pantia pun langsung mengambil langkah langkah yang tepat sehingga acara ini bisa terlaksana dengan sukses.

Edi Pamungkas, selaku Ketua Panitia Pemilihan RT kemarin di temui SBN menjelaskan bahwa acara ini berdasarkan dari ke inginan masyarakat RT 05 sendiri. Bagi yang mencalon kan diri sebagai calon RT tidak di pungut biaya. Pendaftaran di buka dari tanggal 10 Oktober 2018 sampai tanggal 18 Oktober 2018.

Setelah menerima pendaftaran ,akhirnya panitia mendapatkan dua orang yang mendaftar sebagai Calon ketua RT. Tanggal 19 oktober 2018 , panitia menetapkan dua orang calon yaitu JUBAIDI dan ROHMATULLOH, sebagai calon sah, sekaligus pengambilan nomor urut pemilihan. Nomor urut 1 Bapak JUBAIDI dan untuk Nomor urut 2 Bapak ROHMATULLOH .

Panitia juga sudah menetapkan susunan aturan aturan yang harus ditaati oleh kedua pasangan calon. Mulai dari hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2018 sampai tanggal 25 Oktober 2018 adalah hari dimulai nya untuk bersosialisasi dengan warga masyarakat sekitar.

Setelah itu 2 hari kedepan nya masa tenang, dimana masa tenang , berarti kedua calon tersebut sudah tidak boleh lagi berinteraksi dengan masyarakat secara terbuka. Panitia juga sudah memberikan surat selebaran pemberitahuan sekaligus undangan kepada seluruh masyarakat , warga RT 05 RW 09 terkait hari jadi pemilihan ketua RT 05, bahkan tanggal 27 Oktober 2018 di siarkan kembali secara langsung dengan menggunakan pengeras suara. Hari jadi tersebut di tetapkan oleh panitia pada hari minggu tanggal 28 Oktober 2018.

Pada hari minggu, tanggal 28 Oktober 2018, adalah hari yang di nanti oleh warga
Hari jadi pemungutan suara. Panitia bersama jajaranya terkait dengan di dampingi oleh Linmas dan ke dua orang saksi dari calon masing masing , mulai melaksanakan tugas yang paling inti yaitu pemungutan suara oleh panitia kepada masyarakat sesuai dengan Data Pemilih Tetap ( DPT ) yang mana DPT nya berjumlah 171 orang.

Pemungutan suara di mulai dari pukul 08 ’00WIB sampai dengan pukul 12 ’00 WIB dan uniknya pemungutan suara di lakukan dengan cara Panitia dan Saksi di dampingi pihak keamanan LINMAS mendatangi rumah rumah warga, dari pintu ke pintu sesuai DPT yang terdata oleh pemerintah dan panitia sensus penduduk dan domisili.

Pembukaan kotak suara di laksanakan pada pukul 13 ’00 WIB .Hasil dari penghitungan suara terbanyak di raih oleh calon Nomor Urut 1, JUBAIDI dengan hasil perolehan suara terbanyak. Maka calon nomor urut 1 di nyatakan menang serta sah. Setelah kedua calon menanda tangani surat pernyataan keputusan hasil pemilihan maka selesai pulalah tugas panitia, ucap Edi di akhir penjelasannya.

Acara Pemilihan Ketua RT 05 RW 09 Jati mMkmur berlangsung dengan tenang , aman dan lancar. Dalam acara ini di hadiri dan di saksikan oleh Ketua Ketua RT yang ada di RW 09 Jati Makmur, dan di hadiri juga oleh staf yang mewakili dari kelurahan, serta BABINSA Jati Makmur.

Pemilihan ketua RT 05 RW 09 baru pertama kali ini di lakukan sebelumnya belum pernah ada terjadi pemilihan ketua RT secara langsung oleh masyarakat. Walaupun baru pertama kali terjadi, tapi tetap berlangsung dengan baik, berkat kerja keras jajaran panitianya dan di dukung oleh masyarakatnya.

Sebelum acara berakhir pada pukul 13’30 WIB, acara di tutup dan di akhiri dengan do’a yang di pimpin ustadz  Ahmad, yang sekaligus Ketua RT 01 /09 Jati Makmur, tutupnya. (Lady )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *