Pangkoarmada I Lepas Keberangkatan Unsur Glagaspur Tingkat III Terpadu Koarmada I TA 2018

  • Bagikan
Pangkoarmada I Lepas Keberangkatan Unsur Glagaspur Tingkat III Terpadu Koarmada I TA 2018

Jakarta, SBN-

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.,melepas keberangkatan unsur-unsur yang akan mengikuti Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III Terpadu Tahun 2018 di Perairan Kepulauan Riau-Dabo Singkep dalam suatu upacara militer yang digelar di Dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara,pada Senin (30/07/2018). 

Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 Terpadu Tahun 2018 akan dilaksanakan di Dabo Singkep Kepri mulai 30 Juli 2018 sampai dengan 9 Agustus 2018. Latihan dengan tujuan tersebut adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan alutsista Koarmada I serta mengukur kemampuan satuan tugas Koarmada I dalam mendukung Tugas TNI Angkatan Laut, melatih kemampuan penyiapan Operasi Laut dan Operasi Amfibi guna menghadapi dan menggagalkan penguasaan wilayah NKRI oleh pihak musuh dan kemungkinan kelompok separatis bersenjata yang telah diagitasi oleh pihak musuh,serta melatih kemampuan komando, kendali dan komunikasi dengan seluruh unsur maupun satuan terkait Latihan Glagaspur Tingkat III Terpadu Koarmada I TA. 2018.

Pangkoarmada I menjelaskan bahwa Latihan tersebut melibatkan kekuatan 16 Unsur KRI,2 Pesawat Udara serta Pasukan Marinir yang terdiri dari 1 (satu) KRI jenis Multi Role Light Freegat (MLRF),2 (dua) KRI jenis Perusak Kawal (PK) Parchim Class,4 (empat) KRI Jenis Angkut Tank Frosch (ATF),2 (dua) KRI Jenis Kapal Cepat Rudal (KCR 40), 4 (empat) KRI Jenis Kapal Patroli (PC),1 (satu) KRI Jenis Bantu Tunda Samudera (BTD),2 (dua) KRI jenis Penyapu Ranjau (PR),2 (dua) unsur pesawat udara yang terdiri dari 1 Pesud Cassa-6205 dan 1 pesawat Helly BO-105. Sementara Pasukan Marinir (Pasmar 1) menggelar kekuatan diantaranya adalah 2 SSK Pasukan Pendarat (Pasrat),3 Tank BMP-3F serta 7 Pansam BTR-50M.

“Materi Latihan yang akan dikembangkan adalah Tahap perencanaan latihan,Tahap embarkasi,Tahap latihan umum (Latum),Tahap gerakan menuju sasaran (GMS),Tahap serbuan serta Tahap pengakhiran. Kegiatan latihan ini melibatkan personel sebanyak 1.065 orang,”ujar Pangkoarmada I.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama tahap gerakan menuju sasaran,Unsur-unsur KRI yang tergabung dalam Satuan Tugas Laut (Satgasla) akan melaksanakan latihan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit diantaranya adalah Latihan Melewati Medan Ranjau,Latihan Manuver Taktis,Latihan Prosuder Komunikasi,Latihan Penyelamatan Kapal dan Nubika,Latihan Penembakan Meriam.

Sedangkan Latihan puncak dilaksanakan saat konvoi tiba di Daerah Serbuan Amfibi yaitu dengan melaksanakan pendaratan amfibi di Pantai Todak Dabo Singkep dengan mendaratkan 2 SSK Pasukan Pendarat dari Pasmar 1 dengan menggunakan 3 Tank BMP-3F dan 7 Pansam BTR-50M. Selain kegiatan latihan, juga akan dilaksanakan Kirab Alutsista TNI AL,Bakti sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim Koarmada I serta panggung prajurit bagi masyarakat sekitar,”jelas Pangkormabar I.

(Bgs)

  • Bagikan