KASAD: Menjalin Hubungan Dengan Negara Lain Bermanfaat Untuk Saling Menjaga Keamanan

Suarabekasinews.com,Jakarta –

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan menjalin hubungan dan bermitra dengan negara lain bermanfaat untuk saling menjaga keamanan negara. Hal tersebut dikatakan Jenderal TNI Andika Perkasa,dalam siaran TNI AD di Jakarta,pada Rabu (02/06/2021) mengatakan itu saat turut dalam kegiatan Indo-Pasific Landpower Conference 2021.

“TNI Angkatan Darat menjalin pertemanan dan bermitra dengan negara lain untuk saling menjaga keamanan dan menghadapi tantangan yang mungkin terjadi di dunia. Indo-Pasific Landpower Conference 2021 sebagai ajang untuk berdiskusi dan berbagai pengalaman dalam menghadapi setiap tantangan disebuah negara,”katanya.

Indo-Pasific Landpower Conference 2021 yang berlangsung secara virtual itu diikuti oleh sejumlah negara. Angkatan Darat Amerika Serikat menjadi tuan rumah kegiatan. Kasad bertindak sebagai salah satu panelis dalam salah satu panel diskusi dengan topik “Shared Challenges and Opportunities of Land Operations in the Indo-Pacific Area of Operational Responsibility.”

Sebagai panelis,KASAD menjelaskan posisi dan fokus Angkat Darat Indonesia dalam lingkup wilayah Indo Pasifik. “Pertama-tama,harus diakui bahwa TNI AD tidak akan fokus pada persaingan kekuatan besar,bukan karena kami tidak ingin terlibat,namun kami melihat secara realistis mengenai hal yang kami miliki,seperti sumber daya dan energi-nya,bukan untuk itu. Namun untuk melakukan aspek yang lainnya,”tutur KASAD.

la melanjutkan TNI AD juga belum mengganti persenjataan dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan keamanan. TNI AD memanfaatkan persenjataan, kendaraan,pesawat terbang atau alat apapun yang mungkin biasanya tidak digunakan oleh Angkatan Darat dan mempertimbangkannya untuk dapat digunakan.

“Apalagi melihat perekonomian saat ini,apa yang kita hadapi setahun terakhir dengan adanya pandemik dan mungkin tidak akan berakhir dalam waktu dekat, melihat kondisi ekonomi yang juga dihadapi Pemerintah,agar realistis kami fokus pada modernisasi,tetapi dengan cara yang cerdas,”ucap KASAD.

KASAD juga bicara mengenai aspek kesempatan TNI AD memiliki rekan-rekan di seluruh dunia dengan menggelar berbagai program bersama mitra negara lain. “Saya sangat senang, kami menjalin pertemanan dan bermitra dengan negara-negara lain,di sekitar Indonesia dan di seluruh dunia untuk benar-benar membuat tantangan keamanan di kawasan Indonesia lebih terkelola,”ujar KASAD.

Indonesia telah menjalin kerja sama dengan United States Army yang tergabung dalam Security Force Assistance Brigade datang ke Indonesia untuk melaksanakan latihan bersama. Indo-Pasific Landpower Conference 2021 yang berlangsung selama dua hari dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai ajang diskusi mencari langkah-langkah dalam menghadapi tantangan keamanan negara. (Git/rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *