Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru Adakan Santunan Yatim dan Dhuafa

SBN-Kota Bekasi-

Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru,mengadakan santunan anak yatim dan dhuafa yang di laksanakan dengan rutin setiap bulanya ,( 06/06/2021 ). DKM Masjid Darul Muhsinin 1 Kalibaru ,Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, tersebut memiliki tradisi menyantuni anak yatim dan kaum Dhuafa pada setiap Bulanya. Pemberian santunan itu dilakukan pada waktu Shalat subuh berjamaah di Masjid Darul Muhsinin 1 Kalibaru sebanyak 47 orang.

H. Paryadi, SE Ketua PAC Pejuang Siliwangi Indonesia Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi dan juga sebagai pengurus PHBI DKM Jami Darul Muhsinin 1 menyampaikan,bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan ini, Menurutnya tradisi ini sangat baik dalam memaknai kegiatan program DKM,ucapnya.

Lanjut Pryafi bahwa Ini adalah tradisi yang sangat baik dan luar biasa, dimana masyarakat saling memulyakan anak yatim dengan cara memberikan santunan, saya salut terhadap Pengurus DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 yang melestarikan tradisi ini.

 

Sehingga semakin banyak anak yatim piatu yang terbantu, terutama diwilayah RW. 03 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Medan Kota Bekasi, H. Paryadi, SE juga menyampaikan, dalam Islam, anak yatim merupakan seseorang yang istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Dengan begitu, Islam menganjurkan kita untuk menyantuni, merawat, mengasihi dan menyayangi anak yatim,.

Anak yatim adalah anak yang ditinggalkan oleh Ayahnya pada saat usianya belum baligh atau dewasa. Di usianya yang masih muda, tentu mereka sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari sosok orang tua,lanjutnya. Untuk itu, Allah SWT memerintahkan kita untuk menyayangi anak yatim.

Seperti dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda ,“Ada seseorang yang datang kepada Rosulullah Saw dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya,”Suka kah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi”.

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa siapapun yang mengasihi dan merawat anak yatim, niscaya akan mendatangkan kebaikan. Jika kita merawat mereka dengan baik, kemudian anak yatim mendoakan kita, maka doa tersebut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT,terangnya.

Selain itu, dengan menyayangi anak yatim kita akan mendapat pahala serta ganjaran yang setimpal, baik di dunia maupun di akhirat” jelasnya.

Mengenai kajian Islami yang disampaikan Ketua DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru DR. Ady Firdaus Saady, MSc. Mengajak para jamaah untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Ia juga menyampaikan kepada Jama’ah kegiatan ini merupakan momen saling berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Program ini sudah berlangsung selama tiga bulan,jelas Firdaus.

 

Orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” (Q.S An-Nisa Ayat 114),
Ucap Adhy Firdaus”.

Sebelumnya ada pembacaan ayat suci alqur,an/Qori dalam acara tersebut oleh ustad Didi Suryadi, S. Pd. Melantunkan QS. Ali Imron Ayat:133-134 dan QS. Ibrahim Ayat 40 – 41 yang artinya “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Yang artinya aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.Ya Tuhan ku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan Shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.Ya Tuhan Kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab atau (hari kiamat)
Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya,.

Di tempat yang sama Sekretaris DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru Imam Purnama menyampaikan Assalamualaikum warahmatullahi barakatuh, Alhamdulillah hari ini tanggal 6 Juni 2021 Hari Ahad kita telah melaksanakan kegiatan santunan Dhuafa dan Yatim piatu di Masjid Jami Darul Muhsinin 1 yang ruang lingkupnya RW. 03 dari 9 Rt.Insyaallah kita setiap bulannya akan mengadakan santunan dan dibarengi dengan acara sholat subuh berjamaah dan sarapan pagi bersama, harapan kami warga yang tinggal di sekitar Masjid bisa lebih semangat untuk selalu sholat lima waktu berjamaah di masjid ini dan selalu menjaga silaturahmi antar pengurus dan jamaah yang lainnya”ucap Imam.

Tak ketinggalan pula Pengurus PHBI DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru Erwin Susanto juga menyampaikan, Assalamualaikum saya PHBI DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru hari ini kita adakan acara santunan Yatim dan Dhuafa sebanyak 47 orang,kata Erwin.

Insyaallah kegiatan ini beperiodik atau berkala setiap bulannya dengan sumber dana dari para jamaah yang memberikan amanah nya melalui kotak Khusus Infaq Sodaqoh Yatim dan Dhuafa yang kami letakkan sepanjang hari di Masjid kita, ini pun didukung oleh rekan-rekan Pengurus DKM dan kita bareng-bareng bekerjasama untuk mensukseskan acara-acara di dalam Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru. Harapan kami ke depan agar lebih baik lagi, semoga ini menjadi rutinitas seterusnya, dan ditambah dengan kegiatan- yang lain “tutupnya.

(**Yadi/Gon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *