Heri Suhartono: Setengah Miliar untuk Sambung Jembatan Kali Kumisik Margasari

  • Bagikan
Heri Suhartono: Setengah Miliar untuk Sambung Jembatan Kali Kumisik Margasari

SLAWI,  SBN – Banjir bandang yang robohkan Jembatan Kali Kumisik di Desa Wanasari Kecamatan Margasari hari Senin (21/1) sore kemarin sudah ditinjau Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal. Hasil perhitungan dinas teknis ini diperoleh perkiraan biaya untuk menyambung jembatan tersebut berkisar Rp. 500 juta.

Hal itu disampaikan Kepala DPU Kabupaten Tegal Heri Suhartono saat meninjau lokasi bencana hari Selasa (22/1) pagi tadi. “Pagi tadi kami diminta ibu Bupati Tegal untuk mengecek dan mengestimasi biaya perbaikan jembatan ini”, katanya.

Sebelumnya, jembatan dengan lebar 1,5 meter dan panjang 100 meter ini sudah putus akibat terjangan banjir tahun lalu. Kemudian warga berinisiatif membuat akses jembatan darurat dari kayu. Meski beresiko, warga tetap menggunakannya karena ini merupakan akses terdekat warga Dukuh Gesing Desa Wanasari ke kota Kecamatan Margasari. Setelah adanya banjir ini, jembatan non permanen yang berdiri diatas bangunan lama yang roboh pun ikut hanyut.

Heri menuturkan, tidak seluruh bangunan fisik di sepanjang jembatan ini roboh, masih ada sisa. “Material jembatan seperti besi yang roboh dan masuk ke badan sungai Senin sore kemarin masih bisa dimanfaatkan”, katanya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Tedjo Kisworo mengatakan pihaknya akan mengusulkan penetapan status kebencanaan agar proses perbaikan jembatan tersebut bisa segera dilakukan tahun ini.(mbingsr

  • Bagikan