Hari Lanjut Usia Nasional 2020, Menkes Terawan:Negara Hadir untuk Lansia

  • Bagikan
Hari Lanjut Usia Nasional 2020, Menkes Terawan:Negara Hadir untuk Lansia

Suarabekasinews.com,Jakarta,

Hari Lanjut Usia Nasional 2020, Menkes Terawan:Negara Hadir untuk Lansia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI gelar Web Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 dengan topik “Meningkatkan Kualitas Hidup Lanjut Usia Melalui Perawatan Jangka Panjang Dan Pemberdayaan Potensi Lansia” pada Selasa (22/9/2020). Acara Webinar ini dibuka oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto,melalui tayangan video,sekaligus juga peluncuran RAN Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2020-2024.

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan,Terawan menuturkan bahwa tema Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 adalah “Negara Hadir untuk Lanjut Usia”,dengan subtema bidang kesehatan: “Keluarga Sayang Lansia, Keluarga Bahagia”. “Ini dimaksudkan agar keluarga sebagai unit terkecil di dalam masyarakat hendaknya senantiasa memberikan kasih sayang, mendampingi dan mendukung lansia untuk berperilaku hidup sehat,memiliki Jaminan Kesehatan,mandiri,aktif, produktif serta senantiasa bahagia,” kata Menkes.

Lebih Lanjut,disampaikan Menteri Kesehatan bahwa saat ini jumlah Lansia di Indonesia sekitar 27,1 juta orang (hampir 10% dari total penduduk), dan pada tahun 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 33,7 juta (11,8%). Peningkatan jumlah lansia dengan berbagai masalah kesehatannya menjadi tantangan bagi kita untuk mempersiapkan lansia yang sehat dan mandiri,agar meminimalisir beban bagi masyarakat dan negara.

Oleh karena itu,kesehatan lansia ini sudah masuk ke dalam indikator RPJMN dan Renstra Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024. “Mari kita berikan dukungan dan kesempatan kepada para senior kita untuk tetap berkarya dan mendarmabaktikan potensinya bagi diri, keluarga dan masyarakat,”kata Menkes Terawan melalui tayangan video.

Menteri Kesehatan juga menekankan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini,Lansia merupakan kelompok yang paling rentan,berisiko terpapar COVID-19 dan terjadi kematian,Untuk itu kita harus mengedukasi masyarakat, keluarga dan lansia agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan untuk melindungi lansia dari tertular Covid-19.

Selain memberi sambutan,Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga melakukan peluncuran Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lanjut Usia tahun 2020-2024,sebagai acuan bagi pemerintah pusat,pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya. “Saya menghimbau seluruh pihak terkait agar dapat melaksanakan seluruh rencana aksi tersebut secara sinergis,terintegrasi dan koordinasi yang baik,”demikian kata Terawan sesaat sebelum membuka secara resmi Web Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2020. (Git/Kemenkes)

  • Bagikan