Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

  • Bagikan
Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Bekasi , SBN –

Di tahun ini ada pesta Demokrasi di antaranya di Kota Bekasi ,Jawa Barat yang telah menggelar pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota. Proses pemilihan kali ini yang menjadi bagian dari pilkada serentak , 27 Juni 2018, telah berlangsung.
Dan Pilkada Kota Bekasi 2018 di ikuti dua pasangan calon sekaligus menjadi pertarungan head to head antara kandidat petahana dengan pesaingnya.

Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Pasangan calon nomor  urut satu, Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono di usung oleh koalisi dari partai Golkar, PAN, PPP, Hanura , Demokrat serta PKB.
Rahmat Effendi merupakan kandidat petahana. Sebelumnya Rahmat effendi memenangkan Pilwalkot Bekasi 2012 saat berpasangan dengan Wakil Walkot Akhmad Syaikhu. Dan sebelumnya , politikus Golkar itu telah menjabat Wakil Walkot Bekasi periode 2008-2012 dan Ketua DPRD Kota Bekasi 2004-2008.

Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Sedangkan Tri Adhianto Tjahyono merupakan birokrat di Kota Bekasi . Terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang Kota Bekasi .

Sementara pasangan nomor urut dua Nur Supriyanto -Adhy Firdaus Saady yang di perkuat PKS dan Gerindra . Sebelum ikut pilkada Kota Bekasi ,Nur Supriyanto sebagai anggota DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 dari fraksi PKS. Bulan November 2017, Nur Supriyanto di tunjuk pejabat sementara sebagai Ketua DPW PKS Jawa Barat menggantikan Akhmad Syaikhu, yang sekarang ikut maju sebagai Calon Wakil Gubernur bersama Sudrajat di Pilgub Jabar 2018 kali ini. Sedangkan Adhy firdaus Saady adalah pengusaha asal Bekasi dan tercatat pernah menjabat Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat.

Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Sebagai catatan, data yang ada di Kemendagri menyebut Kota Bekasi dengan luas 206,61kilo meter persegi itu saat ini memiliki jumlah penduduk sekitar 2.801.758 jiwa. Sedangkan Badan Pusat Statistik (BPS) menaksir pada 2018 jumlah penduduk Kota Bekasi mencapai 2.943.859 jiwa. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Bekasi, berjumlah 1.434.717 orang. Satu juta lebih pemilih berkelamin laki-laki dan 720.869 berkelamin perempuan.

Diantara para pemilih tetap di Kota Bekasi itu, terdapat 1.024 difabel. Berdasar data KPU, DPT terbanyak ada di wilayah Kecamatan Bekasi Utara yakni mencapai 188.785 pemilih. Para pemilih di Kota Bekasi menggunakan hak pilih pada 3.030, tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 12 Kecamatan.

Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Salah satunya yang ada di wilayah di Tempat Pemungutan Suara 03 (TPS) di Jatibening Pondok Gede, Kota Bekasi , jumlah pemilih 197 ,dengan perolehan suara pasangan nomor urut satu mendapat 147 suara sedangkan pasangan nomor  urut dua mendapat 49 suara , suara 1 rusak. Jumlah TPS di wilayah Kelurahan Jatibening mencapai 59 TPS.

Dan di tempat lain di antaranya TPS 18 di wilayah Jatibening Baru, Pondok Gede Kota Bekasi, pasangan dengan nomor urut satu mendapat suara 161 dan pasangan nomor urut dua mendapat suara 111 ,sedangkan yang rusak 9 suara.

Di tempat terpisah di TPS 21 , wilayah Jaticempaka ,Pondok Gede Kota Bekasi dengan jumlah TPS 71 ,sedangkan pasangan dengan nomor urut satu memperoleh suara sebanyak 146 suara, Dan pasangan dengan nomor urut dua mendapat 100 suara , dan suara tidak sah 10 suara,  jumlah 256 suara.

Rahmat Effendi -Tri Adhianto Tjahyono Unggul di Pilkada Kota Bekasi

Di wilayah Kelurahan Kalibaru ,Medan Satria , Kota Bekasi , jumlah TPS 33 , sedangkan jumlah pemilih 12363 , dan pasangan nomor urut satu Rahmat Effendi dengan Tri Adhiyanto unggul mendapat 8329 dengan 67% suara. Dan pasangan nomor urut dua Nur Supriyanto dan Adhy Firdaus mendapat 3776 dengan 31% suara, dan suara yang rusak berjumlah 258 atau 2% suara. Itu belum termasuk keseluruhan dari 12 Kecamatan Sekota Bekasi.

Menurut data sementara penghitungan cepat quick count , pasangan Nomor:urut satu ,Rahmat Effendi dan Tri Adhiyanto sementara unggul, dengan peroleh 68,04% suara, dan pasangan nomor urut dua Nur Supriyanto dan Adhy Firdaus sementara mendapat 31,96% dari suara yang masuk 99,50% . Seluruh Kota Bekasi selanjutnya tunggu hitung resmi KPU Kota Bekasi.

(go

  • Bagikan