Pelantikan Akbar Pejuang  Siliwangi Indonesia, DPC Kota dan Kabupaten oleh DPD Provinsi Jawa Barat

Bandung, SBN – Pelantikan akbar Pejuang Siliwangi Indonesia Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Barat melantik 15 Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota dan Kabupaten yang dilaksanakan di Rindam lll, Siliwangi, Bandung Jawa Barat (27 Desember 2018).

Dalam pelantikan akbar Pejuang Siliwangi Indonesia (PS) kali ini ,diantaranya dari DPC Kota Bekasi Dr.H.Tri Adhianto sebagai Ketua, berhubung di Kota Bekasi akan mengadakan pelantikan sendiri dan sekalian Ketua DPC akan melantik para Ketua PAC dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi, maka dengan pelantikan akbar di DPD Jawa Barat (27/12) dari DPC Kota Bekasi mengirim Gono Saputro SE sebagai utusan untuk menerima mandat pelantikan secara simbolis.

Putri Pendiri Dra .Dedeh Laraswati, Ketua DPC Kota Bekasi Dr.H.Tri Adhianto, Ketua Umum PS Letjen.Purn. TNI Yayat Sudrajat SE, Gono Saputro SE DPC Kota Brkasi

 

Panitia juga mengundang para pejabat di wilayah Provinsi Jawa Barat di antaranya Pangdam lll Siliwangi , Kapolres Bandung, dan dari Kejaksaan serta Kejari, pini sepuh Pejuang Siliwangi Indonesia (PS), putri pendiri Dra .Dedeh Laraswati yang juga selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Acara yang di pandu oleh panitia di antaranya , penampilan seni budaya Sunda, pembacaan ayat suci alqur’an, menyanyikan lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta, lagu lagu perjuangan, wangsit Siliwangi, pembacaan ikrar Catur Eka Marga, Rampak Sekar dan tarian seni budaya oleh group mahasiswa UNIBBA, laporan Ketua Panitia, pembacaan Surat Keputusan (SK), penyerahan bendera pataka, prosesi kata kata pelantikan, penanda tanganan Berita Acara, nampak sekar lagu lagu perjuangan, sekapur sirih oleh ketua DPD -PS Jawa Barat, Brigjen.Purn.TNI AD.Dr.Ir.Nasep Rachmat .MM.Msi, pini sepuh (PS)-putri pendiri Dra Edeh Laraswati serta Walikota Bandung.

Ketua DPD PS Jabar Brigjen Purn .TNI .Dr.Ir.Nasep Rachmat MM.MSi

Dalam sambutannya Ketua DPD Brigjen. Purn.TNI.Dr.Ir.Nasep Rachmat MM.Msi mengatakan pada hari ini Kamis (27/12) saya melantik Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia (PS) dalam pelantikan akbar kali ini. Terima kasih banyak kepada panitia dan para anggota yang lainya yang telah membantu terlaksananya pelantikan akbar ini. Sebenarnya menjadi seorang Ketua harus tahu ada sebelas masalah prinsip yang harus dimengerti, yang pertama adalah Taqwa.

Saya titip para Ketua yang telah di lantik laksanakan prinsip prinsip ke pemimpinan bertaqwa dan melaksanakan segala perintahnya. Kedua, para pemimpin harus memberikan contoh yang baik terhadap anak buahnya. Ketiga apabila para Ketua DPC berada di tengah tengah lingkungan harus mampu menciptakan yang bermanfaat, apa lagi Negara kita lagi banyak mengalami banyak musibah seperti longsor, banjir, tsunami, serta gempa bumi, berikan spirit dan semangat bantu mereka yang terkena musibah semampunya.

Keempat, Tutwuri Handayani, apabila anda di belakang anak buahnya dan bawahannya harus tahu tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin dan harus mampu mendorong tanggung jawab di pundak masing masing. Kelima, Waspadawasesa, anda sebagai pemimpin pemimpin DPC sebetulnya memiliki suatu tugas dan tanggung jawab yang berat dan harus siap menghadapi kemungkinan kemungkinan yang terjadi.

Keenam adalah Ambeg Paraamerta, apabila anda memberi tugas harus bisa memilah milah tugas mana yang paling berbobot dan yang harus di utamakan pekerjaan yang bermanfaat dan berpotensi baik bagi organisasi. Ketujuh, Prasaja, ialah sederhana tapi harus dengan prinsip prinsip serta harus punya rasa tanggung jawab. Delapan, harus berbakti kepada Nusa Bangsa dan Negara. Kesembilan, berbuatlah yang baik dari yang paling baik untuk mengembangkan organisasi jangan sampai tertidur lelap.

Kesepuluh Belaka, blak blakan apabila kita mengerjakan sesuatu harus dengan benar input dan outputnya harus jelas seperti kalau kita mengerjakan RAB sesuai dengan peraturan dengan Undang Undang yang berlaku, maka di Indonesia tidak sampai terjadi korupsi tidak kaya jaman sekarang ini. Dan kesebelas Negala, apa bila anda masa baktinya telah habis selama 5 tahun di DPC kalau anda sudah tak mampu lagi menjadi ketua anda harus rela untuk menyerahkan tugas ke generasi generasi yang baru demikian amanah yang saya sampaikan kepada seluruh para Ketua Ketua DPC PS yang baru di lantik hari ini, jelas Nasep Rachmat.

Ketua Umum PS Letjen TNI Yayat Sudrajat SE

Selanjutnya sambutan dan arahan dari Ketua Umum Pejuang Siliwangi Indonesia (PS),  Letjen.Purn.TNI. Yayat Sudrajat SE, saya akan memberikan salam, salam Pejuang Siliwangi Indonesia dengan tema Mari Kita Bersama sama, apa bila saya mengucap salam saudara saudara harus membalas dengan Jaya … Jaya … Jaya.

Salam PSI … Jaya … Jaya … Jaya, setelah itu bertepuk tangan dengan meriah dan bersorak para hadirin dan tamu undangan. PS itu sudah menjadi amanah oleh pendiri Pejuang Siliwangi Indonesia dengan di sebut PS saja,  bukan PSI. Kalau PSI  di kira partai ,katanya.

Kepada yang terhormat para pengurus DPP serta DPD serta para pejabat militer , sipil , TNI, POLRI, dan yang saya cintai senior saya Ketua DPD Pejuang Siliwangi Indonesia Provinsi Jawa Barat. Beliau adalah lulusan AKABRI tahun 1973 sama dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono , dan kalau saya masuk AKABRI tahun 1982 berapa tahun selisihnya antara saya dengan beliau ternyata sebelas tahun. Tapi beliau masih sangat semangat maka saya pun terbawa untuk selalu bersemangat . Para Ketua DPC yang tadi sudah di lantik, alhamdulilah saya bisa menghadiri pelantikan akbar para Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia(PS) Provinsi Jawa Barat tahun 2018 .

Saya sebagai Ketua Umum Pejuang Siliwangi Indonesia (PS) mengucapkan selamat kepada para Ketua DPC PS Provinsi Jawa Barat , yang telah di lantik secara umum dan khususnya Pejuang Siliwangi Indonesia Provinsi Jawa Barat semakin berkiprah positif serta memajukan Pejuang Siliwangi Indonesia sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk mencapai tujuan yang dikehendaki bersama.

Karena PS ini kan semacam LSM juga , dan harus menjadi tangan tangan pemerintah sebagai penyambung ke masyarakat. Masyarakat kan banyak yang susah dan tidak tersentuh oleh pemerintah,  kita yang melaporkan, kita juga yang harus menjembatani. Kepada pemerintah itulah tugas kita untuk selalu nenyampaikan dan jadilah mitra pemerintah yang baik dari yang paling baik ,ucap Yayat .

Mungkin para hadirin yang hadir banyak yang bertanya tanya siapa sih Yayat Sudrajat? Saya ini asli Jawa Barat dan Bapak dari Batujajar dan Ibu dari Cirebon. Saya memang lama di Kopassus selama 22 tahun. Saya ini lulusan AKABRI tahun 1982. Dari Kopassus ke BAIS , terus di tugaskan ke Beijing Cina kembali ke Indonesia ke KO DIKLAT TNI. Dari situ saya ditarik ke BIN, saya jadi ASPAM KASAD terus ke KA BAIS yang terakhir karir saya di TNI SESMENPOLHUKAM bersama Jenderal Purn. TNI Wiranto sampai pensiun.

Dan kebetulan kalau bicara partai, saya ada di Partai Berkarya sebagai Wakil Ketua Umum mendampingi  Tommy Soeharto. Dan saya membawahi 3 DPW, yang pertama DPW Banten, DPW DKI  dan DPW Jabar. Secara intitusi tidak boleh berpolitik sesuai dengan Anggaran Dasar/ Rumah Tangga. Tapi secara perorangan boleh dong? Terkecuali kita mendaklarasikan itu memang tidak boleh dan kenapa saya mau menjadi Ketua Umum? Setelah saya lihat sejarahnya bukan main ? Pejuang Siliwangi Indonesia berbeda dengan LSM yang lainnya.

Dan alhamdulilah Pejuang Siliwangi Indonesia sudah ada pembaharuan tentang persetujuan perubahan badan hukum perkumpulan Pejuang Siliwangi Indonesia (PS) Letjen. Purn. TNI Yayat Sudrajat sebagai Ketua Umum , Surat Keputusan MENKUM HAM No: AHU-0000528.AH.01.08 2018.

Selanjutnya dengan slogan penutup , salam Pejuang Siliwangi di jawab dengan yang hadir Jaya … Jaya … Jaya …  (gs/ist ft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *