Milenial Pondokmelati Ajak Tanam Pohon dibantaran Kali Bagol

Bekasi, SBN – Gerakan Konservasi hayati yang di gagas oleh Relawan Pen-Tri Kota bekasi mampu mebangun kebersamaan antara gerakan Pramuka di pondokmelati yang tergabung dalam “Almadaad Scout” , Perwakilan Karang Taruna Lintas Wilayah Kota Bekasi, Pemuda Pancasila Kec.Pondok Melati, dengan Masyarakat sekitar Kali bagol Jatimurni Kecamatan Pondok Melati untuk melakukan aksi tanam pohon, kerja bakti melakukan pungut sampah dan Penataan serta pengecatan turab dijalan pinggir Kali Bagol agar terlihat indah dan tidak kumuh(26/1/2019).

Koordiantor Pramuka dari Almadaad Scout bang fauzi menyampaikan kepada kami, bahwa kegiatan ini adalah keterpangilannya selaku anggota pramuka Pondok Melati yang mana Kali Bagol ada di wilayah domisili Almadaad Scout.

“ ini adalah salah satu program sosial yang rutin dilaksanakan oleh Almadaad Scout, semoga dengan kegiatan ini bisa membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan untuk lingkungan kita yang Asri, kan enak kalo tempat kita bersih dan dan asri , dulu kali ini tempat berenang anak anak , mudah mudahan setelah kita melakukan gerakan ini Kali Bagol jadi salah satu alternative destinasi wisata hayati . “, ujar Fauzi.

Di Acoun Facebook Relawan Pen-Tri melakukan undangan terbuka untuk donasi pohon dan keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan tersebut. Abel yang merupakan Ketua relawan Pen-Tri yang sekaligus sekjend KNPI Kecamatan Pondok  Melati adalah penggagas ini. Mengatakan bahwa ide awal kegiatan adalah adanya aspirasi dari temen temen Pen-Tri untuk melakukan K3 di jalan Sekitar Kali bagol yang dipenuhi dengan sampah, seiring waktu berkembang lah ide untuk menjadikan kawasan bagol sebagai destinasi wisata hayati, kita bersihkan pingir pingir jalan, kita tanam pohon , kita warnai turab penyangga tanah dan pohon agar terlihat lebih indah. Sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah Kota Bekasi, Camat Pondok Melati RT , Lurah dan RW Setempat , menjadi salah satu penyemangat teman teman Pen-Tri.

Turut hadir dan ikut serta dalam aksi tanam pohon dan penataan Bantaran sekitar Kali bagol ibu Tatik Rahayu yang merupakan warga Pondok Gede.

Menurutnya, penanaman pohon kali ini menjadi langkah konkrit upaya penyelamatan sumber daya hayati di wilayah sekitar Kali Bagol. Sebab, ancaman kerusakan sumber daya hayati terutama pingiran pingiran kali semakin mengkhawatirkan, ujar Tati. (dr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *