Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Melakukan” Nafar Tsani “

Makkah, SBN- 

Jemaah haji asal Kota Bekasi Jawa Barat Indonesia pimpinan KH. Azmi Daud dari KBIH Assunnah bersama 53 Jemaah hajinya memutuskan mengambil Nafar Tsani mengakhiri prosesi lontar jumrah di Mina pada hari Jumat, (24/08/2018).  Tepat dini hari langsung menuju ke Masjid Haram Makkah untuk melakukan tawaf Ifadah berjalan kaki dari Mina jam 10 Was  sampai Masjidil Haram jam 16 Was.

Pantauan jurnalis SBN di sekitar terminal Jamarat, Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa barat Indonesia sedang menuju Masjidil Haram Makkah. Tradisi melempar jumrah menjadi salah satu wajib haji usai prosesi Wukuf. Jemaah Haji dapat melempar jumrah Ula, Wustha dan Aqabah.

Bagi jamaah haji yang melaksanakan Nafar Tsani jumlah batu Krikil yang di butuhkan 70 batu, batu Krikil yang digunakan untuk melempar jumrah, disarankan sebesar jari. Ketika bermalam di Muzdalifah, Jemaah Haji umumnya akan mengambil batu krikil untuk melakukan lontar jumrah Ula, Wustha, Aqabah di Jamarat.

Tahun ini Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa barat Indonesia Pimpinan KH. Azmi Daud tak perlu repot-repot mencari batu krikil di Muzdalifah untuk melontarkan jumrah, karena batu untuk melempar jumrah telah disediakan pengelola maktab.

Ketua KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa barat Indonesia KH. Azmi Daud mengajak para Jemaah haji untuk melakukan Nafar Tsani pada hari Jumat tanggal, 24 Agustus 2018 berangkat dari Mina jam 10 was, menuju Jamarat setelah melontar jumrah Ula, Wustha, Aqabah langsung menuju ke Masjidil Haram Makkah untuk melakukan tawaf Ifadah berjalan kaki,ucap Azmi .

Bagi jemaah haji yang usia lanjut atau unsur bisa di bakdalkan jangan memaksakan diri, bisa di badalkan kepada jemaah haji yang lain, bagi jemaah haji yang di badalkan dari Mina langsung menuju penginapan atau hotel. Towaf Ifadahnya menyusul katanya.

Ada salah satu jemaah haji asal Indonesia yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan kepada jurnalis Suara Bekasi News, saya habis melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah bersama rombongan pada malam ini keadaan lontar jumrah sudah sepi karena banyak jemaah haji yang melaksanakan Nafar Awal di tanggal, 10-11-12, Alhamdulillah yang melaksanakan Nafar Tsani malam ini sepi dan lancar,ucap salah satu jemaah.

Yang melontarkan Jumrah para Jemaah haji Assunnah Kota Bekasi Jawa barat langsung menuju Masjidil Haram untuk melakukan Towaf Ifadah berjalan kaki, jarak yang di tempuh pulang pergi sekitar 16 Km, dengan seizin Allah SWT. Kita semua Alhamdulillah diberi kesehatan, keselamatan, dan kekuatan untuk melakukan tawaf Ifadah dan Sa’i semoga kita semua menjadi haji yang mabrur Amin ya rabbal Amin,tutupnya.

( Yadi, jurnalis SBN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *