Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Berkurban di Mekkah

Jabbalah Nur, Mekkah, SBN –

Jemaah Haji dari KBIH Assunnah Kota Bekasi , Jawa Barat , melakukan pembelian dan pemotongan hewan kurban di Pasar Hewan Kaqiyah yang berada di wilayah Jabbalah Nur, Mekkah,22/8/18.

Jemaah Haji dari KBIH Assunnah menyambut Hari Raya Iedul Adha 1439 H dilakukan oleh 53 orang Jemaah, untuk memotong kambing sejumlah 54 ekor Kambing ,daging tersebut di salurkan kepada Mustahik di sekitar wilayah Jabbalah Nur, Mekkah. Tak terkecuali para Jemaah haji Indonesia yang tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Sebagian besar Jemaah Haji asal Indonesia melakukan pembelian dan pemotongan hewan kurban di Pasar Hewan Kaqiyah Jabbalah Nur, Mekkah. Harga Kambing berkisar antara 350 hingga 500 riyal harga Kambing tersebut sudah termasuk ongkos potong.

Di pasar kambing Baqiyah, pemotongan hewan kurban untuk pembayaran dam Haji dilakukan sebelum pelaksanaan Wukuf. Sementara pemotongan hewan kurban untuk korban dilakukan tepat pada hari Raya Iedul Adha 10 Dzulhijjah dan hari-hari tasyrik Pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Karom dan Karu dari KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat ke pasar Kaqiyah untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban yang di beli, di antaranya para ketua Karon KH. Azmi Daud, Karu Paryadi, Agung Sutopo, Heryadi, Hermawan, Kidir yang ikut menyaksikan secara langsung dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Pasar kambing Baqiyah berdiri di sebuah tanah lapang dengan luas lahan sekitar 5.000 meter persegi. Nyaris pekerjaan di tempat ini adalah orang berkulit hitam. Tukang jagal atau pemotongan hewan kurban. Di sini seluruhnya memakai seragam baju merah menyala hingga ke serban. Tujuannya, agar pakaian dan serban yang terkena percikan darah tidak terlihat kotor.

Pemotongan hewan kurban di lakukan secara manual padahal Pemerintah Mekkah Arab Saudi menggunakan alat modern dan Canggih untuk proses penyembelihan hewan kurban dengan anggaran sebesar 56 riyal atau setara dengan Rp. 143 miliar. Meski begitu, penyembelihan hewan kurban di Pasar Hewan Kaqiyah Jabbalah Nur Mekkah, dilakukan secara manual sesuai dengan syariat Islam.

Ketua KBIH Assunnah Bekasi Jawa barat Indonesia KH. Azmi Daud dan Ketua Regu sedang menyaksikan secara langsung dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan menyerahkan secara langsung hewan tersebut pengurus atas nama 54 Jemaah Haji dari KBIH Assunnah Kota Bekasi ,Jawa barat Indonesia. Alhamdulillah Saya menyerahkan hewan kurban tersebut semoga di terima amal ibadah haji oleh Allah SWT. Aamiin. Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar walillah lham, tutupnya.

(Yadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *