3 RS Dedikasikan Seluruh Fasilitasnya Untuk Merawat Pasien Corona

SBN, JAKARTA –

Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan ada 3 rumah sakit swasta yang mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk merawat pasien Corona atau Covid-19. Hal tersebut disepakati usai berdiskusi dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Rabu siang.

”Ada 3 RS swasta yang mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidur dengan total sekitar 300 tempat tidur untuk penanganan kasus Covid-19,”ujar dia pada Konferensi Pers di Gedung BNPB,pada Rabu Sore (18/3).

3 RS swasta tersebut antara lain RS Siloam Kelapa Dua,RS Mitra Keluarga Jati Asih,dan RS Hermina Karawang. ”Ketiga RS ini nantinya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus Covid-19. Sementara kasus-kasus yang lain akan dipindahkan ke RS yang lain,”kata dia.

Jejaring laboratorium yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 ini adalah jejaring Lab Siloam,jejaring Lab Kalbe,dan jejaring Lab Bunda Group. ”Ini yang menggembirakan kita sehingga diharapkan dengan cara ini maka deteksi dini penemuan cepat kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal,” ucap dr. Achmad.

Asosiasi RS swasta dan Persi memiliki komitmen tinggi mendedikasikan sarana prasarananya untuk digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan perawatan Covid-19. ”Menyiapkan sarana prasarana yang ada kemudian termasuk Lab untuk pengambilan sampel,sehingga kita tidak lagi terpaku pada RS rujukan yang ditentukan,tapi sektor swasta secara bersungguh-sungguh ikut melaksanakan,”kata dr. Achmad. (SIG/KMNKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *