Luas Panen Padi Kabupaten Banyuasin Hampir  Mencapai 2.000 Ha 

  • Bagikan
Luas Panen Padi Kabupaten Banyuasin Hampir  Mencapai 2.000 Ha 
Banyuasin, –
Luas panen padi di lahan pasang surut Kab. Banyuasin Sumsel terus meningkat setiap harinya,dan  panen pada hari Rabu (24/01) mencapai 1.974 hektar.  Banyuasin,Sumsel,Rabu (24/01/2018).

Staf Dinas Pertaniab Kab. Banyuasin Didik mengatakan, sebagian besar berasal dari Kec. Tungkal Ilir 518 ha,Air Salek 704 ha,Muara Telang 482 ha,Muara Sugihan 125 ha;dan sisanya dari kecamatan lainnya. Memasuki minggu keempat bulan Januari ini,luas panen panen padi di Kab. Banyuasin meningkat tajam dibandingkan minggu ketiga,hanya sekitar 1.000 ha dalam satu hari,”kata Didik staf Dinas Pertanian Kab. Banyuasin.

Prof. Dr. Risfaheri selaku penjab Upsus Kementan untuk Kab. Banyuasin dalam keterangannya mengatakan,hamparan sawah yang menguning setiap harinya semakin meluas di Banyuasin, seakan tidak pernahnya habisnya panen di lahan pasang surut ini. Pertanaman padi relatif aman dari serangan hama tikus,wereng batang coklat dan blast,sehingga provitas yang dicapai cukup tinggi 5-7 ton GKP/ha,bahkan dibeberapa tempat ada yang mencapai lebih dari 7 ton GKP/ha. Harga gabah di lokasi panen saat ini masih cukup bagus berada di kisaran Rp. 4.500 per kg GKP. Harga yang cukup bagus ini memberi semangat pada petani untuk segera mengolah lahannya setelah selesai panen,”ungkap Prof. Dr. Risfaheri.

Luas Panen Padi Kabupaten Banyuasin Hampir  Mencapai 2.000 Ha 

Dr. Priatna Sasmita selaku Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel juga mengatak,provitas padi di lahan pasang surut Banyuasin ini masih besar peluangnya untuk ditingkatkan. Provitas padi yang masih diangka 5 ton GKP/ha harus dipacu agar dapat mencapai 7 ton GKP/ha,melalui pengguna varietas unggul spesifik lokasi, serta penerapan rekomendasi teknologi budidaya dan pengendalian OPT. Penderasan diseminasi inovasi teknologi terus kami lakukan,”ucap Dr. Priatna Sasmita.

Selain itu,kami juga telah mendiseminasikan alat tanam benih langsung yang lebih adaptif (Amator),sehingga dapat mempercepat dan mempermudah penanaman, serta biaya tanam bisa lebih murah. Amator tersebut mulai banyak diminiati petani, tidak hanya petani di Banyuasin juga dari daerah lain,”tambahnya Dr. Priatna Sasmita.

Hampir semua hasil panen padi di sawah pasang surut Banyuasin,gabahnya langsung di bawa keluar,tidak hanya penggilingan padi di Sumsel juga ke provinsi tetangga. Pemandangan yang tidak asing, bila dermaga di desa sepanjang jalur menuju sungai Musi,setiap harinya dipenuhi tumpukan gabah GKP yang siap diangkut. Melihat kondisi ini,kami optimis pasokan beras untuk Sumsel aman,bahkan bisa memenuhi kebutuhan beras daerah lainnya,”pungkas Prof. Dr. Risfaheri.

(bagas; dok

  • Bagikan