Latihan Pengamanan Pemilu di Lantamal III Jakarta

Jakarta, SBN – Wakil Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady Arsanta, mewakili Danlantamal III memberi pembekalan latihan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI yang diikuti Personel Militer di Gedung Serbaguna. Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol,Jakarta Utara,pada Jum,at (01/02). 

Dalam sambutannya Wakil Komandan Danlantamal III mengatakan latihan pengamanan ini untuk menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden Tahun 2019 diwilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu beliau juga mengingatkan kepada anggotanya untuk selalu tetap menjaga Netralitas TNI selama berlangsungnya Pilpres dan harus siap dikerahkan kapanpun juga jika nanti diperlukan guna mengamankan Pilpres tahun ini.

“Sebagai aparat negara kita harus tetap menjaga netralitas jangan sampai mau dimanfaatkan untuk kepentingan Pilpres maupun Pileg oleh orang ataupun golongan tertentu yang mencoba berusaha mempengaruhi diri kita,”tegas Wakil Komandan Lantamal III Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady Arsanta.

Oleh karena itu,dirinya berharap dengan adanya pembekalan dan latihan kepada prajurit Lantamal III ini, dapat memberikan gambaran secara jelas sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat mendukung terlaksananya pengamanan dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta Pemilu yang aman,damai dan kondusif.

Adapun rencana pembekalan yang nanti akan dilaksanakan selama empat hari ini terkait pengamanan Pemilu diantaranya tahapan penyelenggaraan dalam Pemilu, komunikasi sosial,pembinaan ketahanan wilayah,mekanisme permintaan dan pemberitahuan bantuan kepada Pemda dan Polri.

Selain itu juga penanggulangan kerusuhan massa,penanganan konflik sosial,pengamanan obyek vital dan prosedur pengerahan pasukan dalam Pemilu serta penekanan netralitas TNI dalam Pemilu. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan pembekalan hukum oleh Mayor Laut (KH) Kasman Yori Harefa,S.H. M.Hum dan Hak Azazi Manusia oleh Kapten Laut (KH) A. Suberlian,S.H.

Hadir pada acara tersebut Para Kasatker,Perwira,Bintara dan Tamtama Lantamal III Jakarta. (Git/PenLantamal III)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *