Keraton Surakarta Solo Berikan Gelar Istimewah KRT dan KMT Pada Bupati Rote Ndao

Jakarta, SBN-  Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM dan Ny. Paulina Haning-Bulu,SE, menerima penganugerahan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) dan Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) dari Panjenenganingsum Ingkang Sinoehoen Kandjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Penganugerahan gelar kepada Bupati Rote Ndao,Drs. Leonard Haning dan Ny. Paulina Haning-Bulu diberikan langsung oleh Raja Surakarta,Hadiningkat Pakoe Boewono Senapati Ing Ngalaga Ngabdurrachman Saydin Panatagama XIII di Ngadem Kalitan Keraton Surakarta Solo pada Tanggal 2 Mei 2016.

Dengan penganugerahan gelar tersebut,Bupati Rote Ndao,berhak menyandang gelar “Kanjeng Raden Tumenggung Drs. Leonard Haning Notonagoro,MM” dan Ny. Paulina Haning-Bullu Nataningtyas,SE. Gelar ato penganugerahan ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh Keraton Solo.

Penetapan pemberian gelar ini adalah hasil yang dilakukan melalui musyawarah kalangan dalam keraton. “Gelar ini diberikan setelah Raja Pakoe Buwono mendapat petunjuk langsung,hasil spiritual pada saat melakukan pertapaan di gunung Lawu Propinsi Jawa Tengah serta jasa Drs. Leonard Haning,MM dalam memberikan perhatian terhadap kebudayaan,terutama budaya dan adat istiadat Kabupaten Rote Ndao di Provinsi Nusa Tenggara Timur,”demikian kata Lens Haning. Lebih lanjut Bupati Haning mengatakan,beliau sangat menghargai penganugerahan gelar tersebut karena sangat Sakral.

Sementara itu,Bupati Rote Ndao, Leonard Haning,yang menerima penganugerahan Gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) dari keraton Surakarta Hadingrat juga memberikan cendera mata kepada Raja dan Bunda Ratu,berupa Alat Musik Sasando dan seperangkat Busana Wanita dan Pria,termasuk topi kebanggaan orang Rote,topi Ti’i Langga dan Bulamolik,seusai menerima Penganugerahan gelar sebagai kerabat Keraton.

Penganugerahan gelar Kanjeng Raden Tumenggung kepada Bupati Leonard Haning dan penganugerahan gelar Kanjeng Mas Tunenggung kepada Paulina Haning-Bulu, dilakukan langsung Raja Surakarta dan Bunda Ratu, Hadiningrat Pakoeboewono XIII,” ujar Bupati. “Dengan penganugerahan gelar tersebut,ke depan diharapkan hubungan antara kedua daerah,baik budaya maupun sosial dapat lebih ditingkatkan,”tambahnya.

Penganugerahan gelar KRT kepada Bupati Lens Haning juga didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum,Ir. Dominggus Modok,MT,Kepala Bagian Umum, Setda Kabupaten Rote Ndao,Meki Messakh,SE dan Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Rote Ndao,Ronald Messakh,SE.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Halmahera Tengah, Ketua DPRD Sulawesi Barat (Kabupaten Mamuj),Zulkifri Bin Ismail dari Malaysia,Hj.Suraida Suhardi,S.E., M.S,Reni Aritonang dan pejabat lainnya. (Bgs/Pemda Rote Ndao)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *