Evi Fatimah : Sosialisasi Empat Pilar Harus dengan Jangkauan Luas

SUARABEKASINEWS.COM, Karawang-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI perlu menggelar sosialisasi empat pilar (Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika disebabkan masih banyaknya penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh anggota MPR RI Evi Fatimah saat sosialisasi empat pilar di Pondok Pesantren Jamiatul Khoeriyah, kelurahan Kidangranggah, kecamatan Pangkalan, kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019). Sosialisasi empat pilar bersama tokoh masyarakat dan ulama itu dihadiri Ketua PCNU Karawang KH Ahmad Ruhyat selaku pembicara.

Evi Fatimah mengungkapkan pihaknya banyak memperoleh masukan dan harapan masyarakat bahwa sosialisasi yang dilakukan MPR sangat efektif. Namun belum mampu menjangkau seluruh masyarakat. “Karenanya, MPR RI harus terus melakukan sosialisasi dengan jangkauan lebih luas dan diharapkan akan banyak masyarakat yang paham akan konstitusi, “ kata legislator Fraksi PKB tersebut

Wakil rakyat Senayan itu mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan terdiri dari banyak suku bangsa. Atas keberagaman itu, jangan sampai suku bangsa terpecah-pecah karena akan mengganggu kedaulatan NKRI. “Jika nilai-nilai ke-Bhinneka-an terus diperkuat dan empat pilar kebangsaan selalu kita tanamkan dalam diri kita, pembangunan dan bangsa yang hebat dapat kita capai,” ujarnya.

Melalui sosialisasi empat pilar itu, Evi berharap bisa menambah semangat masyarakat bersatu bersama-sama menuju ke arah lebih baik. “Jika empat pilar ini kita amalkan sejak dini, maka saya sangat yakin, akan lahir generasi muda yang cinta tanah air dan selalu mengharumkan nama baik indonesia, baik di tingkat Asia, maupun dunia,” kata anggota DPR RI dapil Jabar VII tersebut

Sosialisasi empat pilar ini kata Evi Fatimah merupakan upaya MPR sebagai lembaga legislative negara yang terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. “Generasi muda dan seluruh elemen masyarakat perlu kontinyu diberikan pemahaman empat pilar agar menghadapi masa depan bangsa lebih baik dan kokoh dalam berbangsa, ” ujar anggota DPR Komisi II itu.(Bams/EK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *