Dukung SBJ 68 Sail Nias 2019, TNI AL Kirom 2 Helikopter AS-565 MBe Panther

Suarabekasinews.com,Nias –

Demi kelancaran tugas yang di emban oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 68 Sail Nias tahun 2019,Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan,S.E.,M.Si., tidak tanggung-tanggung mengirimkan 2 unit Helikopter AS-565 MBe Panther TNI AL yang akan bertugas mendukung kegiatan selama SBJ 68 Sail Nias tahun 2019,pada Jumatt (07/09).

Helikopter AS-565 MBe Panther yang mempunyai kemampuan operasi anti submarine warfare (ASW) ini merupakan hasil pabrikan Airbus Prancis versi militer. Untuk varian Panther ini yang telah dipasok semenjak bulan September 2017 sampai bulan Januari 2019 pihak TNI AL telah menerima 10 unit dari 11 unit yang di pesannya. Sementara satu helikopter lagi akan diserahkan pada pertengahan tahun ini.

Helikopter ini dilengkapi dengan dua mesin Safran Arriel 2N yang telah dioptimalkan untuk kondisi “hot and high”,dan memungkinkan helikopter untuk mencapai kecepatan tertinggi 165 knot dan jangkauan 780 km. Helikopter yang berkapasitas 10 personil termasuk crew ini juga dilengkapi dengan rotor ekor generasi terbaru helikopter Airbus dan four-axis autopilot untuk membantu mengurangi beban kerja pilot.

Untuk selanjutnya,sang Panther akan dilengkapi dengan Dipping Sonar Helicopter Long-Range Active Sonar ( HELRAS ), pemasangan mission equipment dan sistem peluncur torpedo yang nantinya bisa melumpuhkan kapal selam lawan. Helikopter pemburu kapal selam ini sejatinya diproyeksikan untuk kebutuhan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) dalam upaya meningkatkan penerbangan serta menjawab tantangan pertempuran anti kapal selam kedepannya.

Di kutip dari Komandan Tim Helikopter Panther Satgas SBJ 68 Sail Nias 2019 Mayor Laut (P) Pranata “Keterlibatan 2 Helikopter AS-565 MBe Panther dalam Satgas SBJ 68 Sail Nias 2019 ini ialah untuk mendukung kegiatan diantaranya mengevakuasi pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dan cepat dari tim Unsur Tugas (UT) pelayanan kesehatan satgas SBJ ke rumah sakit besar sekaligus melaksanakan patroli maritim di wilayah perairan Nias dan sekitarnya,”pungkasnya.
(Swd/PenKoarmada I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *