Cara Kolinlamil Menjaring Calon Komandan KRI

  • Bagikan
Cara Kolinlamil Menjaring Calon Komandan KRI

Jakarta, SBN –  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menjaring calon Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) dengan mengadakan uji kompetensi. Para calon komandan KRI berjenis kelas Bantu Angkut Personel (BAP), Angkut Tank (AT),frosch dan Bantu Umum (BU)  diuji kualifikasinya secara langsung oleh pejabat utama Kolinlamil dipimpin Kepala Staf Kolinlamil, Laksma TNI Irwan Achmadi,M.Tr (Han),di ruang rapat Panglima Kolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok,Jakarta,Kamis (29/11).

Penyelenggaraan uji kompetensi ini dimaksudkan untuk menyeleksi personel yang layak untuk menjabat sebagai komandan KRI di jajaran Kolinlamil. “Sehingga kelak menjadi komandan KRI yang profesional dan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemimpin,”ujarnya.

Selain itu uji kompetensi juga merupakan salah satu acuan, dasar dan pedoman dalam proses penempatan jabatan sebagai Komandan KRI dengan berbasis kompetensi. Pada kegiatan tersebut ada beberapa materi profesi yang diujikan,baik secara tertulis maupun secara lisan dari para asisten Pangkolinlamil. Meliputi bidang operasi dan latihan (opslat),intelijen,personel,logistik, kelautan,dan bidang hukum. Seorang Komandan KRI harus selalu  up dating data dan standart operating procedure harus selalu dijadikan acuan demi kelancaran dan kesuksesan tugas operasi. Sedangkan untuk kepribadian, dinilai dari sikap dan penampilan secara fisik serta kemampuan dalam menyampaikan pendapat.

Uji kompetensi tersebut diikuti oleh 4 Perwira calon komandan KRI dari Kolinlamil dan Mabesal. Di samping itu,pembinaan Permildas dan penerapan PUDD Khas TNI Angkatan Laut yang mulai luntur harus selalu ditegakkan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung pada jiwa prajurit yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.  (Git/PenKolinlamil)

  • Bagikan