Kasal: TNI AL Akan Terus Tingkatkan Pembangunan SDM untuk Indonesia Maju

  • Bagikan
Kasal: TNI AL Akan Terus Tingkatkan Pembangunan SDM untuk Indonesia Maju

Suarabekasinews.com,Jakarta –

Selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia. Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan pns TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia. Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M., pada saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 TNI Angkatan Laut di Dermaga Sunda Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara,pada Selasa (10/09).

Kasal: TNI AL Akan Terus Tingkatkan Pembangunan SDM untuk Indonesia Maju

Lebih lanjut Kasal dalam amanatnya mengatakan, tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul,Fondasi Indonesia Maju”. Perlu kita sadari bersama,bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya. Dengan demikian keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi.

“Kita semua berikeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional. Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan selain untuk mencapai kesiapan operasional,juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel,”kata Kasal.

Kasal: TNI AL Akan Terus Tingkatkan Pembangunan SDM untuk Indonesia Maju

Sebelum mengakhiri amanatnya Kasal memberikan beberapa penekanan di antaranya, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,jawab tantangan bangsa ke depan dengan upaya membangun SDM TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit,Sapta Marga,Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif,produktif,inovatif dan kompetitif.

Jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat sebagai kekuatan dasar sistem pertahanan negara dan tingkatkan jiwa kekeluargaan sesama prajurit TNI Angkatan Laut serta jalin soliditas dan sinergitas TNI Angkatan Laut dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun kalian bertugas dan kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam peringatan hari jadinya kali ini,TNI Angkatan Laut juga menampilkan demonstrasi beladiri gabungan yg terdiri dari Kopaska Martial Art Koarmada l,Aikido Kopaska Koarmada I,Tim Karate Koarmada I,Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I,Merpati Putih Seskoal serta unsur KRI dan Ranpur antara lain:KRI Bung Tomo-357,KRI Sutanto-377, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376,KRI Sembilang- 850,KRI Torani-860,KRI Teluk Cirebon-543 dan 4 Unit BTR.

Selain itu juga digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan panggung prajurit serta pameran Alutsista TNI AL yang menampilkan kapal perang,dan helikopter TNI AL. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,KASAU,Kapolri, Wakasal,Kabakamla RI,Sekjen Kemhan,Danjen Akademi TNI, Wakapolri,Gubernur DKI, para mantan KASAL,para pejabat utama tiga angkatan serta para tamu undangan lainnya. (Git/Dispenal)

  • Bagikan