Kasal Buka Rakor Renaku II TNI AL Tahun 2018

  • Bagikan
Kasal Buka Rakor Renaku II TNI AL Tahun 2018

Surabaya, SBN- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. secara resmi membuka Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) II TNI Angkatan Laut Tahun 2018, dan Asistensi Rengiat TNI Angkatan Laut 2019 bertempat di Wisma Perwira Lanudal Juanda, Sidoarjo,pada Rabu (21/11/2018). Kegiatan Rakor Renaku II TNI Angkatan Laut Tahun 2018 dan Asistensi Rengiat TNI Angkatan Laut 2019 berlangsung mulai tanggal 21 s.d. 23 November 2018.

Kasal Buka Rakor Renaku II TNI AL Tahun 2018

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa Rakor Renaku merupakan forum kesiapan untuk melaksanakan rencana kerja TNI AL T.A 2019 dengan menyusun rencana pertahanan pekerjaan secara tepat dengan proses tender atau lelang sesuai aturan dan pengawasan secara periodik.

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan jika pada Rakor Renaku kali ini memprioritaskan pada beberapa hal, yakni kegiatan pemeliharaan dan perawatan alutsista,pembangunan sarana dan prasarana Pos TNI AL (Posal) yang berada di daerah perbatasan Koarmada III dan Pasmar 3, pembangunan dermaga dan rumdis,pengadaan senjata, amunisi serta pengadaan alutsista dalam rangka pemenuhan MEF.

“Dinamika lapangan menunjukkan bahwa selalu terjadi perubahan kepemimpinan di tubuh TNI Angkatan Laut. Perubahan ini bisa menimbulkan kendala karena segala peraturan kembali dari nol lagi. Oleh sebab itu peran perwira menengah setingkat Letkol dan Kolonel dalam menyusun anggaran sangat di perlukan dalam kaitannya dengan pengadaan alutsista,”tandas Kasal.

Mengakhiri sambutannya,Kasal menekankan program kerja tahun 2019 dilaksanakan secara konsisten,transparan dan akuntabel,serta tepat waktu. Juga diperlukan pengawasan secara ketat,dengan bertindak secara bijaksana terutama mengenai perekrutan personel TNI Angkatan Laut dari perwira sampai tamtama harus ditata ulang agar bisa mendapatkan prajurit yang handal.

Acara di lanjutkan dengan sosialisasi tentang mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara di lingkungan Kemhan dan TNI oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen perbendaharaan negara Kementrian Keuangan Wiwin Istanti,S.E.,A.K.M.,LAWS.

Pada kesempatan tersebut, Asisten perencanaan dan anggaran Kasal (Asrena Kasal) Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S.,SE.,M.M. menindaklanjuti sambutan Kasal, dengan memberikan pengarahan tentang penghematan anggaran serta rencana pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan. Hadir pada acara tersebut,para Pejabat Utama Mabesal,para Pangkotama,Danlantamal,serta seluruh peserta Rakor.

(Git/Dispenal)

  • Bagikan