Mantan Menkes Terawan Menyatakan Disuntik Vaksin Nusantara Enak

  • Bagikan
Mantan Menkes Terawan Menyatakan Disuntik Vaksin Nusantara Enak

Suarabekasinews.com,Jakarta,

Vaksin Nusantara yang saat ini masih digarap tim dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto masih terus berjalan. Sebagai salah satu relawan pada uji klinis tahap kedua,mantan Menteri Kesehatan Letnan Jendral TNI (Purn) Terawan Agus Putranto mengatakan disuntik  Vaksin Nusantara rasanya enak.

“Kebetulan saya,dan temen-teman, sebagian kita semua yang ada di sini sudah jadi relawan dan bisa merasakan efek imun dari Vaksinasi Nusantara,dan rasanya enak,”ujarnya pada konferensi virtual Selasa (25/5/2021),dikutip dari kanal Youtube Josie Cynthia,pada Rabu (26/05/2021).

Terawan juga menegaskan,agar pengembangan Vaksin Nusantara bisa dilanjutkan. Dia berharap para ilmuwan yang terlibat agar jangan takut dan jalan terus ke depan. “Terus berjuang dr. Jonny dan tim,dr. Nyoto,dipimpin Kepala RSPAD,untuk terus,jangan takut, jalan terus ke depan. Saya sudah merasakan sendiri sangat enak dan safety,karena itu terus kerjakan secepatnya untuk bisa masuk uji klinik tahap ketiga,”imbuh Terawan.

Secara keamanan dan teknis, penyuntikan vaksin bukanlah hal yang sulit. Menurutnya,teknis penyuntikan vaksin dan pengambilan dan pembuatan sel dendritik mudah dan bisa diajarkan.

“Urusan ini simple sekali, itu urusan inovasi yang gampang kita buat, sangat sederhana dan penyimpanannya pun tidak butuh inkubator khusus. Kalau secara teknis juga dikemukakan begitu simpelnya teknologi ini,yang penting adalah mempublikasikan menjadi  evidence. Teknisnya simpel dan kita bisa ajarkan semua,sangat mudah, simpel,dan bisa diterapkan. Mudah- mudahan ini bisa memecahkan kebuntuan selama ini,”kata Mantan Menkes,Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto.
(Red/***)

  • Bagikan