Dampak Banjir,Menkes Minta Alat-alat Medis RSCM di Cek dan Segera di Keringkan

  • Bagikan
Dampak Banjir,Menkes Minta Alat-alat Medis RSCM di Cek dan Segera di Keringkan

SBN, JAKARTA-

Menteri Kesehatan (Menkes) RI,Terawan Agus Putranto mengunjungi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta yang terkena dampak banjir pada Minggu (23/2). Menkes Terawan meminta agar semua peralatan medis segara di cek dan yang terendam segara di keringkan.

“Kita cek,sudah dibersihkan semua. Vendor-vendor kita panggil sesuai dengan merek alatnya untuk bisa dipercepat (pengeringan) agar alat-alat tersebut bisa beroperasional segera. Nanti alat-alat setelah dikeringkan langsung dicoba oleh vendor. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam waktu singkat,”kata Menkes Terawan.

Menkes menjelaskan,banyak peralatan medis di RSCM yang terendam semua alat medis harus segera dikeringkan agar pelayanan bisa kembali normal.

“Kemudian saya mengecek apakah bisa dipercepat untuk berfungsi lagi atau tidak karena itu menyangkut kepentingan orang banyak ya,”katanya.

Menkes menerangkan, dia berkoordinasi dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) untuk mengecek alat radiologis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui besaran radiasi dari alat tersebut. “Kan kalau habis terendam,kalau nyala juga harus dicek. Radiasinya cocok apa tidak. Tetap harus dilakukan pengecekan,”ucapnya.

Menkes berharap alat-alat medis yang terendam bisa segera digunakan. “Karena itu,prinsip satu,pelayanan tidak boleh terhenti. Dua kehati-hatian tidak boleh dilupakan. Saya juga memberikan semangat pada semua staf untuk tetap bekerja melayani masarakat,” pungkasnya. (SIG/***)

  • Bagikan