Serius Perangi Narkoba Pangdam I/BB Perintahkan Seluruh Babinsa Perangi Peredaran Narkoba

  • Bagikan
Serius Perangi Narkoba Pangdam I/BB Perintahkan Seluruh Babinsa Perangi Peredaran Narkoba

Medan, SBN- Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah sangat serius dalam memerangi peredaran Narkoba di wilayah jajarannya,salah satu bentuk keseriusan itu adalah dengan memerintahkan seluruh Babinsa untuk menjaga wilayah teritorialnya masing-masing dari peredaran gelap narkoba.
Demikian disampaikan melalui Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan,Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga,SSos,di Makodam I/Bukit Barisan,Medan,Sumatera Utara, pada Jumat (11/01/2019).

Penjelasan Pangdam tersebut disampaikan terkait peristiwa diamankannya dua pemuda membawa ganja satu kilogram oleh dua Babinsa Koramil 05/Medan Baru,Kodim 0201/BS Medan pada Kamis malam (10/1/2019) pukul 23.00 WIB.

Serius Perangi Narkoba Pangdam I/BB Perintahkan Seluruh Babinsa Perangi Peredaran Narkoba

Kapendam menuturkan,kronologi kejadian bermula dari informasi saudara (ZK) staf Pertamina Pangkalan Brandan yang menginap di Mess Pertamina melihat adanya lima orang laki-laki dan enam orang perempuan yang tanpa diketahui identitasnya sering kumpul-kumpul sambil bernyanyi sampai larut malam. Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan dan menimbulkan kecurigaan,’’ ungkapnya.

Setelah mendapat informasi, Danramil 05/MB Lettu Arm Edy Halomoan Hutabarat,SH.MH, Babinsa Koramil 05/MB Sertu Agusrika,Serda Oman,Babinsa Koramil 14/PB Serka Momon Sutisno dengan didampingi kepala lingkungan melakukan pengecekan salah satu kamar. Dari hasil pemeriksaan,didapati satu paket berisi dua kotak kue bolu dibagian atas lemari dan di bagian bawah lemari ditemukan ganja dalam dua bungkusan dengan berat 0,5 Kg.

Kedua pemuda yang diamankan tersebut didapati identitasnya berinisial NBP (21),warga Sihorok,Kota Sibolga,dan KS (27),warga Kampung Sinjang Karsa. “Barang bukti beserta para tersangka saat ini telah diserahkan kepada Polsek Medan Baru untuk diadakan pemeriksaan lanjutan,”terang Kapendam.

Lebih lanjut Kolonel Inf Roy menilai bahwa peran Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan yang keberadaannya bersentuhan langsung dengan masyarakat,memiliki peran dan fungsi strategis sebagai mata dan telinga bagi institusi TNI dalam menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah.

Apalagi dikaitkan dengan peredaran Narkoba yang saat ini sudah semakin banyak cara dan modusnya. Karena itu,peran dan fungsi Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dipastikan akan sangat bermanfaat untuk menekan peredaran gelap Narkoba.

Kodam I/BB sangat mengapresiasi kinerja dua Babinsa Koramil 05/Medan Baru,Kodim 0201/BS yang telah berhasil menggagalkan peredaran Narkoba antar provinsi,”pungkas Kolonel Roy Sinaga. (Sgt/Dispenad).

  • Bagikan