KRI Tenggiri-865 Koarmada I Tangkap Kapal Muat Solar Tanpa Dokumen

  • Bagikan
KRI Tenggiri-865 Koarmada I Tangkap Kapal Muat Solar Tanpa Dokumen

Banten, SBN – Keberadaan Unsur KRI Jajaran Koarmada I dalam memberantas kegiatan ilegal dan menegakkan hukum di laut terus membuahkan hasil. Kali ini KRI Tenggiri-865 berhasil menangkap Kapal Muat Solar tanpa dilengkapi dokumen di Perairan Pulau Panjang Banten,pada Selasa (12/02/2019). 

KRI Tenggiri-865 Koarmada I Tangkap Kapal Muat Solar Tanpa Dokumen

Penangkapan berawal saat KRI Tenggiri-865 melaksanakan patroli sektor mendapatkan kontak kapal yang mencurigakan di Perairan Pulau Panjang Banten. Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Tenggiri-865 melaksanakan proses Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap muatan, personel dan dokumen kapal tersebut.

Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal Inka Mina 868, Tonage 30 GT,Kebangsaan Indonesia,Jenis Kapal Ikan, Pemilik Wawan,Nakhoda Tarsya Yohan,Jumlah ABK 2 orang, Muatan Solar 6 Ton,Rute Pelayaran dari Anyer tujuan Bojonegara.

Berdasarkan hasil dari pemeriksaan tersebut,Kapal Inka Mina 868 diduga melakukan pelanggaran karena Kapal berlayar tanpa dilengkapi dengan dokumen. Atas dasar dugaan kesalahan tersebut,maka Komandan KRI Tenggiri-865 Kapten Laut (P) Yohanes Kristanto memerintahkan agar Kapal Inka Mina 868 di adoc ke Lanal Banten untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.
(Git/PenKoarmada I)

  • Bagikan