Kasal Jadi Pembicara Dalam Diskusi Ilmiah di Fakultas Hukum UI

Depok,23/10/2018. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M menjadi pembicara dalam diskusi ilmiah yang diadakan oleh Center For Suistainable Ocean Policy (CSOP) bertempat di Auditorium Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok,pada Selasa (23/10/2018). 

Dalam kegiatan ini Kasal memberikan paparan dihadapan para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum UI tersebut dengan tema “TNI Angkatan Laut Menjaga Keamanan Maritim di Laut Bebas”.

Kasal dalam paparannya menyampaikan bahwa tantangan tugas ke depan akan semakin berat dan kompleks,terkait dengan perspektif laut bebas yang sangat luas sekali,sangat dalam dan penuh misteri,serta dapat menyebabkan potensi konflik perebutan sumber daya alam di laut.

Lebih lanjut Kasal mengatakan bahwa TNI AL selalu berupaya untuk mewujudkan keamanan maritim termasuk di laut bebas. TNI AL melakukan operasi-operasi dan kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun luar negeri. Dalam hal ini TNI AL bekerja sama dengan Satgas 115 yang mana Satgas tersebut sebagai fungsi pengawasan dan penegakkan hukum dalam memberantas ilegal,unreported dan unregulated fishing di seluruh bagian perairan di tanah air.

Pada kegiatan ini turut serta dihadiri oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Didik Setiyono,S.E.,M.M.,Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr (Han)., Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksma TNI Kresno Buntoro,S.H.,LL.M.,Ph.D., Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut (P) Mohamad Zaenal, S.E.,M.M.,M.Soc.,Sc.,Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia periode 2001-2009 Dr. Hassan Wirajuda,S.H.,MALD.,LL.M.,serta Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Melda Kamil Ariadno,S.H.,LL.M.,Ph.D. (Bgs/Dispenal).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *