Jabatan Kadiskum Kolinlamil Diserahterimakan

Jakarta, SBN – Peran dinas hukum dalam struktur organisasi Kolinlamil sangatlah penting, terutama untk memberikan pertimbangan dalam penyelesaian permasalahan dan pembuatan kebijakan serta pembinaan bidang hukum dilingkungan Kolinlamil.

Demikian amanat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) yang disampaikan Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi,M.Tr (Han) pada acara serah terima jabatan Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Kolinlamil dari Kolonel Laut (KH) Achadi Santoso, S.H. kepada Kolonel Laut (P) Soleh ,S.H.,M.Sc.,di Gedung Laut Nusantara Mako Kolinlamil, Tanjung Priok,Jakarta,pada Jumat (30/11/2018).

Kolonel Laut (P) Soleh,S.H.,M.Sc. adalah alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 37 tahun 1991. Pamen kelahiran Malang,53 tahun lalu ini sebelumnya berdinas di Dinas Hukum Mabes TNI AL sebagai kasubdis Kerjasama dan Pengkajian (Kermajian). Dengan latarbelakang yang juga pernah berdinas dilingkungan Kolinlamil sejak perwira pertama di kapal perang hingga mendalami Hukum Militer pada tahun 2000 (Sekolah Tinggi Hukum Militer),Kolonel Laut (P) Soleh,S.H.,M.Sc. akan dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum yang ada dilingkungan Kolinlamil.

Lebih lanjut dalam amanatnya Pangkolinlamil mengatakan, Kadiskum Kolinlamil merupakan pejabat pelaksana pada tingkat Mako Kolinlamil yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan hukum di lingkungan Kolinlamil.

“Dinamika permasalahan hukum yang semakin berkembang seiring dengan perubahan kehidupan sosial yang ada dimasyarakat memerlukan peran dan upaya yang proaktif serta preventif dalam pembinaan dibidang hukum. Untuk itu Dinas hukum harus banyak mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang hukum untuk mencegah dan meminimalisir perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum atau disiplin prajurit,”tutur Kepala Staf Kolinlamil menyampaikan amanat Panglima.

Pada kesempatan yang sama Pangkolinlamil menambahkan, tugas Kadiskum Kolinlamil tidaklah ringan. Banyak hal-hal yang yang masih harus terus dikembangkan untuk mencapai hasil kinerja sesuai yang diharapkan.

Hadir pada upacara tersebut, Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom,S.E.,M.Si (Han), para Asisten Pangkolinlamil,Komandan Satlinlamil Jakarta,para Kadis Kolinlamil serta  para Komandan Unsur/KRI jajaran Satlinlamil Jakarta.  (PenKolinlamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *