Tradisi Makan Nasi Kebuli Beramai-ramai di Pondokan Hotel Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat Indonesia

“Makkah, SBN –

Jemaah haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat, beramai-ramai makan nasi kebuli daging Kambing buatan Awalid Al Jambi,(3/9/18).  Nasi kebuli daging Kambing tersebut, di serahkan kepada Ketua KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat, KH. Azmi Daud, untuk makan beramai-ramai Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat, sebanyak Lima nampan, satu nampan buat satu Regu atau sepuluh orang.

KH. Azmi Daud Pimpinan KBIH Assunnah, menyampaikan kepada jemaah haji Indonesia, inilah contoh kebersamaan, makan ramai-ramai, makan ngak makan ngumpul bareng, kita biar lebih akrab di antara para Jemaah Haji KBIH Assunnah Kota Bekasi,ucap Azmi .

 

Salah satu jemaah haji Assunnah di “temui jurnalis SBN , yang tidak mau di sebutkan namanya menyampaikan, Ketika di tanya tentang nasi kebuli yang diberi daging Kambing syarat kolesterol, menyatakan dan para Jemaah haji, meyakini sebagai jemaah haji yang qobul. Karenanya mereka menganggap menikmati nasi kebuli itu untuk mendapatkan berkah, Hampir semua Jemaah tidak khawatir pada kolesterolnya,ucapnya.

Alhamdulillah semua jemaah haji kebagian semua Nasi Kebuli nya, ada yang makan nasi kebuli Ayam , dan ada yang Nasi Kebuli daging kambing. Nasi kebuli diyakini berasal dari India ketika para imigran Hadramaut pada abad ke- 18 sebelum ke Nusantara terlebih dahulu singgah cukup lama di Gujarat. Dugaan itu diperkuat oleh fakta bahwa makanan pokok di Hadramaut bukan nasi tapi roti gandum,ungkapnya.

Setiba di Indonesia mereka membuat nasi kebuli yang sehari – hari biasa mereka nikmati di Gujarat. Nasi kebuli buatan Awalid Al Jambi dan Istrinya. Untuk bumbu nya aja dia mencampurkan 29 macam rempah, untuk membuat Nasi Kebuli tersebut.  Yang lebih asyik lagi kita makan nasi kebuli daging kambing, satu nampan buat satu Regu sepuluh orang, Mereka makan bersama dari satu nampan tanpa menggunakan piring.

Memang nasi kebuli dibandingkan dengan Resep Nasi goreng, keberadaan resep ini masih kalah populer. Namun dominasi rempah-rempah yang menghangatkan tubuh kita, itulah yang menjadi alasan utama orang timur tengah menggemari masakan nasi ini. Siapa yang tidak kenal dengan nasi kebuli. Sajian khas timur tengah terdiri dari nasi gurih kaya rempah yang disajikan bersama dengan daging kambing. Aroma nasi kebuli yang sedap tentunya selalu berhasil menggoda nafsu makan bagi yang menciumnya.

Namun banyak yang mengira cara membuat nasi kebuli enak itu sulit, padahal tidak. Jika kamu mengikuti resep nasi kebuli kambing berikut, kamu dapat menyajikan Nasi Kebuli daging kambing yang lebih sedap dengan mudah di rumah.

Jemaah haji KBIH Assunnah Kota Bekasi Jawa Barat Indonesia pimpinan KH. Azmi Daud. Mengucapkan banyak terimakasih kepada saudara Awalid Al Jambi dan Istri yang telah memberikan Nasi Kebuli Ayam dan daging Kambing, semoga beliau sekeluarga diberikan kesehatan di panjangkan umurnya dan di lancarkan usaha kateringnya dijadikan keluarga yang harmonis sakinah mawadah warahmah Amin Ya Rabbal’alamin,tutupnya.

(SBN. Yadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *