Pulau Ndao Penuh Dengan Keindahan dan Keramahan di NTT

Jakarta, SBN – Indonesia kawasan yang penuh kepulauan dan luas laut juga kaya keindahan alam,selain itu adat dan istiadat juga budaya menjadi wisata bagi touris-tauris manca negara sebagai pesona keindahan alam. Bayangkan jika di hadapan mata kita terhampar laut luas nan biru bersih dengan penuh pasir putih yang selalu menghiasi pinggir pantai dan langit yang biru,dan udara yang segar terasa alami tanpa ada suara bising mesin juga tanpa ada polusi.

Pulau Ndao adalah sebuah pulau kecil yang memiliki keindahan alam sangat menajubkan berada di Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao,Nusa Tenggara Timur. Pantainya berpasir putih dan terbentang sepanjang 7 km dengan lebar 3 km. Kondisi lautnya sangat bersih sangat begitu indah dipandang mata dengan dihiasi langit yang biru hijau menjadi kombinasi apik di Pulau Ndao.

Pulau Ndao ditempati oleh kurang lebih 4.000 orang penduduk kurang lebih menempati Pulau Ndao dengan sumber daya manusia yang beragam matapencarian,nelayan,pengrajin tenun ikat dan pengerajin emas dan perak. Kerajinan emas dan perak hanya dilakukan pada bulan November.

Keramahan penduduk ato masyarakat menjadi salah satu keindahan Pulau Ndao,di mana tiap turis yang berkunjung selalu di sapa dengan senyum dan ramah oleh penduduk asli. Pendudukpun mempersilahkan datang langsung ke rumah sedang membuat kain tenun.

Gula air yang berasal dari buah lontar juga salah satu yang menjadi keunggulan daya tarik Ndao,gula cair ini digunakan sebagai untuk campuran minum dan makan buah kelapa. Rasanya nyaris seperti madu,sayangnya potensi pembuatan gula cair ini belum dikembangkan. Jadi, belum bisa untuk memperbaiki perekonomian penduduk pulau. (Wdo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *