Film Bintang Ketjil Direstorasi Dalam Bentuk DCP

Jakarta, SBN – Kedua orangtua anak kecil itu panik. Anak-anak mereka tidak pulang. Diculik? Ternyata tidak. Mereka berusaha mencari jalan sendiri pergi ke Kebon Binatang, sebagaimana pernah dijanjikan orangtua mereka masing-masing. Maria (Maria Umboh) dan Suzy (Suzy Mambo) ditolong oleh seorang lelaki tua (Rd. Ismail), bekas guru mereka, untuk bisa pergi ke Kebon Binatang dan tempat-tempat hiburan lain. Semua akibat orang tua yang suka “obral” janji, namun tak dapat (lupa) memenuhinya. Orangtua mereka mengira diculik dan lapor polisi. Polisi berhasil menemukan mereka dan mengembalikan pada orangtuanya, tapi sang bekas guru terguncang karena peristiwa ini dan masuk rumah sakit jiwa.

Itulah kisah film Bintang Ketjil yang diproduksi tahun 1963, yang diproduseri Annie Mambo, Sutradara Wim Umboh, Misbach Jusa Biran, Penulis Wim Umboh, Misbach Jusa Biran dan diperankan Rd Ismail, Maria Umboh, Suzy Mambo, Nana Awaludin, Mansjur Sjah, Tuty S, AN Alcaff, Fifi Young, Noortje Supandi, serta Anna Susanty.

Maria Umboh adalah anak Wim Umboh. Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia. Kini sudah direstorasi ke dalam bentuk DCP lewat  program Pelestarian Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

( ist/ foto embie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *