Menhan Sasikan Serah Terima KRI Teluk Lada 521 Buatan Dalam Negeri Perkuat TNI AL

  • Bagikan
Menhan Sasikan Serah Terima KRI Teluk Lada 521 Buatan Dalam Negeri Perkuat TNI AL

Lampung, SBN – Menteri Pertahanan Ryamizrad Ryacudu menyaksikan serah terima dan peresmian Kapal jenis Landing Ship Tank (LST) atau Kapal Angkut Tank (AT- 4) KRI Teluk Lada-521,kapal terbaru buatan industri dalam negeri PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung,yang dipesan Kementerian Pertahanan untuk memperkuat Alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut. Sebelumnya pada tahun 2015,industri galangan nasional milik swasta ini juga telah mempersembahkan KRI Teluk Bintuni-520.

Serah terima KRI Teluk Lada-521 ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima dari PT DRU kepada Kemhan,oleh Dirut PT DRU Amir Gunawan kepada Kepala Pusat Pengadaan Badan Sarana Pertahanan (Kapusada Baranahan) Kemhan Marsma TNI Budi Prasetyono, S.T.,pada Selasa (26/02) di Dermaga PT DRU, Panjang,Bandar Lampung.

Menhan Sasikan Serah Terima KRI Teluk Lada 521 Buatan Dalam Negeri Perkuat TNI AL

Selanjutnya,dari Kapusada Baranahan Kemhan diserahterimakan kepada Aslog Panglima TNI kemudian berturut- turut diserahkan kepada Aslog Kasal dan terakhir diterima Aslog Pangkoarmada III. Hadir pula menyaksikan,Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,Kasum TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto dan Pangkoarmada III Laksda TNI I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M.

Usai penandatanganan Berita Acara Serah Terima,dilaksanakan peresmian dan pengukuhan Letkol Laut (P) Gunawan Hutahuruk sebagai Komandan Pertama KRI Teluk Lada-521 oleh Kasal, dilanjutkan pemotongan pita oleh Ny. Nora Ryamizard Ryacudu didampingi Ny. Manik Siwi Sukma Adji sebagai simbolis resmi masuknya KRI Teluk Lada-521 di jajaran TNI AL.

Menhan Sasikan Serah Terima KRI Teluk Lada 521 Buatan Dalam Negeri Perkuat TNI AL

Dengan telah diserahterimakannya KRI Teluk Lada-521 tersebut,maka secara resmi menambah kekuatan Alutsista di jajaran TNI AL khususnya di bawah Komando Armada III yang beroperasi di perairan wilayah timur Republik Indonesia. KRI Teluk Lada-521 merupakan Kapal Angkut Tank (AT-4) pertama dari dua kapal yang dipesan Kemhan kepada PT DRU melalui perjanjian Kontrak Jual Beli Nomor: TRAK/822/PDN /XII/2015/AL tanggal 23 Desember 2015 tentang Pengadaan 2 (dua) unit Kapal Angkut Tank.

KRI Teluk Lada- 521 memiliki spesifikasi teknis dengan ukuran panjang 117 meter,lebar 16,40 meter dan tinggi 7,8 meter. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 16 knots dan kecepatan jelajah 13 knot,radius pelayaran 6.240 mil laut (range 13 knot) dan mampu mengangkut pasukan serta ABK sebanyak 478 personel. Kapal ini juga dirancang untuk mampu mengangkut sampai dengan 15 unit Tank BMP 3F serta 1 unit helikopter. (Git/Kemhan)

  • Bagikan