Kodim 0501/JP BS Laksanakan Latihan Uji Terampil Perorangan

Jakarta, SBN – Kasdim Kodim 0501/JP BS membuka Latihan Uji Terampil Perorangan di Makodim 0501/JP BS dan Koramil 01 sampai Koramil 08 jajaran Kodim 0501/JP BS dan diikuti oleh 198 personel yang terdiri dari Bintara dan Tamtama, pada Jumat (08/02/2019). Kodim 0501/JP BS mengadakan latihan Uji Terampil Perorangan prajurit Bintara dan Tamtama yang bertujuan untuk menguji tingkat keterampilan perorangan.

Sebagai koordinator latihan Pasiops Kodim Mayor Inf Horizon menyampaikan tujuan dari latihan ini adalah,untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik dan taktik tempur oleh prajurit di satuan yang sesuai dengan ketentuan Buku Pedoman Umum Pelaksanaan (BPUP) 1 sampai dengan 7 bagi Satkowil.

“Dengan latihan ini diharapkan personel akan semakin memahami dan mampu melaksanakan tugas- tugas yang sesuai tingkat kecakapannya dalam rangka mendukung tugas pokok satuan,” urai Horizon.

Selain itu latihan ini dapat melatih serta menajamkan ilmu keprajuritan sekalipun sudah berada di satuan teritorial,” tambahnya.

Kemudian sasaran Kuantitatif seluruh Prajurit Bintara dan Tamtama Kodim 0501/JP serta memahami dan mampu melaksanakan latihan sesuai dengan ketentuan BPUP 2 s.d 7 antara lain:BPUP 2 (Pratu-Praka), BPUP 3 (Kopda),BPUP 4 Koptu-Kopka),BPUP 5 (Serda-Sertu), BPUP 6 (Serka-Serma),BPUP 7 (Pelda-Peltu).

Materi dalam Latihan tersebut antara lain:Materi umum Teknik tempur dasar perorangan,Dasar Intelijen,Patroli dan Taktik Pertempuran. Kemudian dalam latihan Materi teritorial antara lain:Intelijen Teritorial, Ketatalaksanaan Binter, Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Pembinaan perlawanan rakyat. Pada latihan tersebut ada Macam dan Metode Latihan yakni Macam:Latihan Teknis,kemudian Metode:Ceramah,Diskusi,dan Praktek Lapangan.

Pembinaan latihan ini sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran,pada latihan itu para anggota yang ikut melaksanakan kegiatan tersebut melakukan dengan serius dan tekun hingga acara latihan dinyatakan selesai. (Git/Kodim 0501/JP BS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *