Kasau Dampingi Panglima TNI Resmikan 4 Koleksi Pesawat dan Museum Engine di Muspusdirla

  • Bagikan
Kasau Dampingi Panglima TNI Resmikan 4 Koleksi Pesawat dan Museum Engine di Muspusdirla

Yogyakarta, SBN-

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna,S.E.,M.M, mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. meresmikan penambahan 4 koleksi pesawat terbang dan Museum Engine di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta,Selasa (24/04/2018). 

Keempat koleksi pesawat terbang tersebut terdiri dari pesawat C-130 B,Fokker F-27,Ilyushin ll-14, Avia-14 dan pesawat F-4 Hawker Hunter. Sedangkan Museum Engine berisi 36 koleksi engine dari berbagai jenis pesawat dan diberi nama R. Ahmad Imanullah sebagai bentuk penghargaan kepada Alm. Mayor Pnb R. Ahmad Imanullah atas jasa dan pengorbanan yang telah didedikasikan kepada TNI AU, bangsa dan negara. Secara bertahap,TNI AU akan terus melengkapi koleksi pesawat terbang yang pernah digunakan TNI AU dalam berbagai operasi untuk menegakkan kedaulatan NKRI.

Kasau Dampingi Panglima TNI Resmikan 4 Koleksi Pesawat dan Museum Engine di Muspusdirla

Dalam sambutannya Panglima TNI mengajak agar bangsa Indonesia untuk tidak melupakan sejarah. Panglima TNI mengingatkan agar jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah). “Indonesia pernah menjadi Angkatan Udara yang terbesar di wilayah Asia Tenggara. Dengan kekuatan Air Power yang besar pada saat itu,Indonesia mampu membuat Belanda angkat kaki dari tanah Papua,”ujar Panglima TNI.

Panglima berharap tambahan koleksi pesawat dan museum engine pesawat dapat menginspirasi para generasi muda untuk mengetahui sejarah masa lalu sehingga memiliki jiwa juang, kebanggaan dan semangat patriot dalam mengabdikan dirinya demi bangsa dan negara.

Pada acara yang ditandai dengan penekanan tombol sirine, pemotongan pita dan penandatangan prasasti tersebut, juga di tampilkan Theatrikal yang menceritakan sejarah Operasi Mandala dan tari-tarian tradisional yang mengkisahkan keperkasaan pesawat Hercules yang dilukiskan sekuat Bima.

Seusai peresmian Panglima dan rombongan melakukan peninjauan ke dalam pesawat C-130 B dan museum Engine. Selain itu,diberikan pula penghargaan dan tali asih kepada keluarga Alm. Mayor Pnb R. Ahmad Imanullah dalam bentuk lukisan yang langsung ditandatangani oleh Panglima TNI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakasau,Irjenau,Koorsahli Kasau, Asrena,Aslog dan Asops Kasau, Dankoharmatau,Dankodiklatau, Gubernur AAU,Danseskoau, Danpuspomau,Danlanud Adisutjipto,Kadisfaskonau, Kadisminpersau dan Kadispenau.

Selain itu hadir juga para Alumni AAU 1986 (Adem.86),Pangdam IV/Diponegoro,Kapolda DIY, Forkopimda DIY,Herky Family (Hercules),Kalong Family (Fokker) dan Avia Family (Avia).

(Git/Dispenau)

  • Bagikan