Aspers Kasal: Tekankan Korpri TNI AL,Teguh dan Netral Dalam Suksesi Politik

Bandung, SBN-

Segenap anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) TNI Angkatan Laut agar tetap teguh dan netral dalam suksesi politik yang kapan saja dapat mempengaruhi keberpihakan. Hal tersebut ditekankan Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra,M.Sc dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Waaspers Kasal Laksamana Pertama TNI B. Ken Tri Basuki,M. Si (Han) saat membuka sekaligus menutup kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Korpri ke-6 TNI Angkatan Laut tahun 2018,Jumat (02/11/2018) di Aula Mess TNI AL RE Martadinata, Pangkatan Angkatan Laut (Lanal) Bandung,Jawa Barat. 

Lebih lanjut Aspers Kasal mengungkapkan,Rakor Korpri TNI AL saat ini sangat strategis karena disemangati oleh terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,dimana dalam peraturan tersebut keberadaan Korpri sebagai korps profesi bagi Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana juga diamanatkan dalam Pasal 126 UU ASN yang akan memberikan kedudukan bagi para PNS yang lebih kuat dan jelas serta aman dari intervensi manapun utamanya partai politik.

Korpri sebagai organisasi profesi bagi PNS merupakan satu-satunya wadah yang telah teruji sejak berdirinya sebagai wadah birokrasi yang profesional, dimana Korpri mampu menunjukkan netralitas dan kesetiaan pada negara,pemerintah dan masyarakat serta bersatu padu dalam militansi yang solid.

Dengan paradigma baru manajemen PNS,Lanjut Aspers Kasal,maka dapat diyakini bahwa tantangan ke depan,profesi PNS akan lebih kompleks dan memerlukan sebuah upaya menyiapkan diri sebagai PNS yang mempunyai kemampuan profesi yang lebih diandalkan.

Perubahan ASN sebagai profesi dapat diartikan bahwa PNS tidak hanya sekedar pelayan dan Abdi Negara,akan tetapi sebuah profesi yang sama kedudukannya dengan profesi-profesi lain yang sudah barang tentu didasarkan pada kemampuan teknis dan keahlian, ungkap Aspers Kasal.

Dalam Rakor Korpri ke-6 tahun 2018 ini,selaku pimpinan, Aspers Kasal juga menaruh harapan besar kepada seluruh anggota Korpri TNI AL untuk meningkatkan kinerja didasarkan pada peningkatan kompetensi. “Hormati keputusan-keputusan yang telah disepakati dan tetap komitmen untuk diaktualisasikan di tempat kepengurusan masing-masing”, harap Aspers Kasal.

Pada bagian lain,Pembina Tk I IV/b Drs. Safwanuddin,M.M. selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Unit TNI AL menjelaskan, Rakor ke-6 Korpri TNI AL tahun 2018 yang diselenggarakan dari tanggal 31 Oktober sampai 2 November 2018 ini diikuti tidak kurang dari 92 orang peserta yang terdiri dari seluruh pengurus Korpri Unit TNI AL,perwakilan Korpri Sub Unit dan Pok Sub Unit seluruh Indonesia.

Kegiatan Rakor Korpri ke-6 TNI AL tahun 2018 yang bertema “Dengan Rakor ke-6 Korpri TNI AL Kita Tingkatkan Semangat Kerja, Profesionalisme,dan Jiwa Korsa Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AL” ini juga diisi dengan pembekalan dan tanya jawab tentang Reformasi Birokrasi dengan Penguatan jabatan Fungsional yang diisi oleh Sekretaris Deputi SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Herman Suryatman.

Turut hadir dalam acara penutupan Rakor Korpri ke-6 TNI AL tahun 2018 tersebut, Kadisminpersal Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., Sekdiswatpersal Kolonel Laut (P) Mulyadi, Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., Paban VI Komkinpers Spersal, Aspers Pangkoarmada I, Aspers Danlantamal III,Kasubdisperssip Disminpersal Kolonel Laut (K) Acep Maksum,S.E.,M.M., perwakilan Aspers Pangkolinlamil dan Kormar serta Ketua Dewan Pengurus Korpri Unit TNI AL Pembina Tk I IV/b Drs. Safwanuddin, M.M. (Git/Dispenal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *